4 Menu Bento untuk Karantina di Jepang Ini Jadi Sorotan karena Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 22 Mar 2022 16:00 WIB
4 Menu Bento untuk Karantina di Jepang Ini Jadi Sorotan karena Enak
Foto: Sora News 24
Jakarta -

Saat isolasi mandiri (isoman) akibat positif Covid-19, beberapa orang tinggal di fasilitas karantina. Di Jepang, fasilitas tersebut jadi sorotan lantaran pilihan makanan yang ditawarkan. Menunya super beragam dan enak!

Menjalani karantina Covid-19 bisa jadi membosankan karena harus tinggal di kamar yang sama selama 7-10 hari. Satu-satunya 'hiburan' adalah mencicipi makanan enak dan bernutrisi.

Sayang, tak semua fasilitas karantina Covid-19 menawarkan makanan seperti itu. Hal ini terlihat dari viralnya insiden di beberapa negara soal makanan untuk karantina Covid-19 yang tak menggugah selera.

Tapi berbeda dengan di Tokyo, Jepang. Reporter Sora News 24 (21/3/2022) bernama Seiji Nakazawa yang jalani karantina Covid-19 di Candeo Hotel, Tokyo dekat Ueno Park menunjukkan makanan yang ia dapat.

Fasilitas karantina Covid-19 ini memberikan nasi kotak (bento) 3 kali sehari. Ketiganya untuk sarapan, makan, siang, dan makan malam. Selama hampir 10 hari karantina Covid-19, uniknya Seiji tak pernah mendapat bento dengan isian yang sama.

Menurutnya semua bento yang pernah ia dapat memiliki lauk berbeda. Semua rasanya juga enak. Apa saja ya menu yang ia dapat?

1. Roti

4 Menu Bento untuk Karantina di Jepang Ini Jadi Sorotan karena EnakFoto: Sora News 24

Meski bento identik dengan isian nasi dan lauk-pauk, Seiji pernah dua kali mendapat roti yang disajikan saat sarapan. Bentuk rotinya seperti bun burger mungil.

Roti ini dilengkapi pendamping seperti keju, telur goreng, omelet mini, dan nugget ayam. Seiji menyebut menu ini tak ubahnya 'breakfast buffet' layaknya menu sarapan hotel, namun dalam versi kotak.

2. Steak hamburger dengan saus tomat

4 Menu Bento untuk Karantina di Jepang Ini Jadi Sorotan karena EnakFoto: Sora News 24

Steak hamburger atau hamburg steak bukanlah lauk bento favorit orang Jepang. Di banyak tempat, bento ini sering tidak dipilih karena hamburgernya kering dan berserat. Biasanya berasal dari patty daging beku.

Seiji pun awalnya tak berharap kalau bento ini bakal nikmat, namun dugaannya salah. Ia menilai steak hamburger-nya benar-benar enak. "Steak hamburgernya tebal dan bagian terbaik adalah dagingnya terasa enak dan berbumbu, penuh rasa umami yang 'tidak tenggelam' meski disiram saus tomat," katanya.

3. Daging panggang gurih bagian bahu

4 Menu Bento untuk Karantina di Jepang Ini Jadi Sorotan karena EnakFoto: Sora News 24

Menikmati yakiniku alias daging panggang Jepang tak perlu ke restoran. Seiji mendapatkannya di fasilitas karantina Covid-19. Tampilannya benar-benar menggugah selera, apa lagi diberi pendamping kimchi.

"Serasa mendapat yakiniku bento langsung dari restoran spesialis yakiniku," kata Seiji. Lembaran daging panggangnya terlihat cukup tebal. Seiji juga menyoroti rasanya yang semakin 'keluar' setelah diperciki sedikit air lemon. "Dan ini adalah makanan yang mengenyangkan dan kaya protein," sambungnya.

Menu bento menarik lain yang ditawarkan fasilitas karantina di Jepang ada di halaman selanjutnya.