Minyak Goreng Mahal, 5 Cara Masak Ini Bisa Hemat Pemakaian Minyak

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 19 Mar 2022 08:00 WIB
Tips Masak untuk Menghemat Pemakaian Minyak Goreng
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Minyak goreng memang dibutuhkan dalam memasak. Namun kini minyak goreng langka dan dijual dengan harga tinggi. Untuk menghematnya, bisa ikuti 5 cara ini.

Fenomena minyak goreng langka sedang menjadi sorotan di Indonesia. Hal ini terjadi karena nilai jual yang tinggi. Harganya berkisar di angka Rp 40.000-an per 2 liternya.

Meski mahal, pemakaian minyak goreng tak bisa dihindari oleh ibu rumah tangga dan penjual makanan. Pasalnya minyak goreng adalah bahan utama untuk jenis makanan yang digoreng atau tumisan. Alternatifnya para ibu rumah tangga dan penjual makanan kini beralih memakai minyak goreng turah yang harganya lebih murah.

Dilansir dari Food NDTV (7/2), ada beberapa tips memasak yang berkaitan dengan pemakaian minyak goreng. Tips ini dirasa tepat karena dapat menghemat pemakaian minyak goreng dalam keseharian.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!

Berikut 5 cara memasak yang dapat menghemat pemakaian minyak goreng.

1. Gunakan Non-stick Pan

Tips Masak untuk Menghemat Pemakaian Minyak GorengTips Masak untuk Menghemat Pemakaian Minyak Goreng Foto: Getty Images/iStockphoto

Non-stick pan atau wajan anti lengket bisa menjadi solusi dalam menghemat pemakaian minyak goreng. Karena wajan ini bisa memasak tanpa menggunakan minyak.

Dikarenakan memiliki kemampuan anti lengket, maka memasak juga jauh lebih praktis. Kamu bisa menggunakan wajan ini untuk memasak telur maupun menumis.

Kalau ingin membuat tumisan sayuran, kamu tinggal memanaskan bumbunya di atas wajan. Setelah aromanya tercium, barulah dimasukkan sayuran dan bahan lainnya yang membuat cita rasa masakan lebih nikmat.

2. Gunakan Sendok Takar

Jika biasanya menuangkan minyak ke dalam wajan bisa sesuka hati, kini kamu bisa lebih memperhatikannya. Tentu saja untuk menghemat pemakaiannya karena harga minyak goreng yang tinggi.

Sebelum mulai memasak, kamu bisa mengukur minyak goreng yang akan dipakai. Gunakan sendok takar agar ukurannya dapat diketahui dengan jelas.

Selain untuk menghemat, mengukur minyak goreng menggunakan sendok takar juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena kita bisa memerhatikan jumlah minyak yang dipakai dan masuk ke tubuh kita. Food Safety and Standards Authority of India (FSSAI) juga menyarankan hal tersebut/

Baca Juga: Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya Sekarang



Simak Video "Beli Takjil di Sini Bisa Dapat Minyak Goreng dengan Harga Murah"
[Gambas:Video 20detik]