Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 10 Apr 2019 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mengolah spaghetti memang mudah. Tetapi dalam penyajian, tidak semua pasta punya tekstur yang pas, ikuti cara ini agar hasilnya mantap.

Spaghetti merupakan salah satu jenis pasta populer. Berbentuk seperti mie dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Spaghetti menjadi salah satu jenis pasta yang mudah didapat di supermarket. Setelah direbus hingga al dente pasta ini bisa diberi aneka bumbu dan bahan lain.

Memasak spaghetti sangat mudah, namun berkali-kali orang salah dalam cara memasaknya. Ikuti langkah-langkah sederhana ini yang dikutip dilaman The Daily Meal (01/03/2019), agar Anda bisa mendapatkan pasta yang enak.

Baca Juga: Doyan Pasta? Ini 5 Resep Spaghetti Enak yang Gampang Dibuat

1. Pilih spaghetti

Spaghetti memiliki beberapa merek. Ada banyak merek spaghetti yang dapat dibeli dan tidak semua dibuat sama. Maka Anda bisa mencoba berbagai merek bahkan ukuran spaghetti. Pilihlah jenis yang Anda lebih suka.

2. Gunakan panci yang besar

Kebanyakan orang tidak menggunakan panci yang cukup besar saat memasak spaghetti. Padahal spaghetti ketika dimasak membutuhkan ruang untuk bergerak dan bisa matang merata. Jadi gunakanlah panci yang memberikan ruang yang pas supaya mendapatkan tekstur dan tingkat kematangan pasta yang sesuai.

Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!Foto: iStock

3. Bumbui dengan garam

Setelah panci besar diisi dengan air, ternyata penting untuk membumbuinya dengan garam. Tambahkan garam saat merebus pasta, tidak hanya membuat cita rasa pasta lebih enak, garam juga menaikkan suhu didih air. Namun, jangan tambahkan minyak agar pasta tak lengket, karena nantinya saus akan sulit menempel pada pasta yang sudah matang.

4. Tunggu sampai air mendidih

Ternyata saat memasukkan pasta ke dalam air rebusan pun perlu diperhatikan. Anda harus memasukkan pasta setelah air dalam panci benar-benar mendidih. Memasukkan pasta ketika kompor baru saja dinyalakan akan membuat pasta menggumpal dan saling menempel.

Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!Foto: iStock

5. Spaghetti jangan dipatahkan

Disini tujuannya adalah Anda akan membuat spaghettti dengan bentuk yang sempurna. Maka apabila ingin memiliki spaghetti dengan tampilan yang bagus, maka spaghetti jangan dipatahkan saat sebelum direbus. Supaya memiliki bentuk yang diinginkan.

6. Aduk spaghetti

Setelah spaghetti dimasak, jangan menganggap ini saatnya untuk mendiamkan pasta di dalam panci. Jangan pernah meninggalkan pasta setelah dimasukkan ke dalam air mendidih. Aduk pasta setiap satu atau dua menit agar pasta tidak saling menempel dan panas air yang dihasilkan juga menyebar rata.

Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!Foto: iStock

7. Jangan bilas spaghetti

Mungkin Anda mengira dengan menyiram pasta dengan air dingin maka akan menghentikan panas dari pasta dan mempertahankan tekstur al-dente yang diinginkan.

Tetapi ternyata dengan sisa air bertepung yang masih menempel sebenarnya bagus untuk membantu saus dan bumbu menempel pada spaghetti. Ini juga menambah kelezatan yang diinginkan pada rasa dan tekstur.

8. Sisakan air perebus

Ternyata air bekas rebusan pasta ini berguna untuk mengentalkan saus. Tapi Anda tidak perlu menggunakan semuanya. Cukup ambil 1-2 sdm makan saja dan tambahkan ketika Anda sedang memasak saus pasta. Karena air tersebut mengandung pati yang dapat membuat saus lebih lezat.

9. Masukan spaghetti ke saus pasta

Sekarang saatnya menyatukan semuanya. Pastikan saus berada dalam wajan yang dapat menampung spaghetti. Campurkan semuanya dan tambahkan air pasta yang sudah disisakan untuk mengencerkan dan menambahkan beberapa pati yang diinginkan ke dalam campuran pasta Anda.

Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!Foto: Istimewa

10. Tambahkan minyak paling akhir

Terakhir, sebelum pasta dihidangkan ke piring, tambahkan lemak seperti satu atau dua sendok makan mentega, sedikit minyak zaitun dan segenggam keju parut saat masih didalam panci saus tersebut. Tambahkan salah satu atau semua lemak lezat ini maka spaghetti dan sausnya akan menjadi lezat dan kaya rasa.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ramen yang Benar Menurut Pakar Kuliner Jepang (lus/lus)