Peringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia Protes

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 17:30 WIB
Peringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia Protes
Foto: TasteAtlas/Facebook/Food
Jakarta -

Setiap orang tentu akan membela makanan negaranya. Seperti netizen Malaysia, yang protes karena nasi lemak peringkatnya berada di bawah bubur ayam dari Indonesia.

Asia Tenggara memiliki makanan yang familiar dan tentunya digemari banyak orang. Sehingga salah satu situs global bernama TasteAtlas, mencoba mengurutkan peringkat makanan-makanan enak di Asia Tenggara. Meliputi makanan dari Malaysia, Singapura, Filipina hingga Indonesia.

Dilansir dari SAYS (14/03), banyak netizen Malaysia yang kesal setelah nasi lemak yang jadi makanan nasional di negara mereka hanya mendapatkan peringkat 3.9 dengan label 'OK', yang artinya makanan ini enak namun biasa saja.

Baca Juga: Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan Malaysia" selengkapnya

Begitu juga dengan makanan khas SIngapura yang populer yaitu chili crab atau sajian kepiting yang berkuah pedas juga memiliki nilai tiga.

Sementara Filipina, memiliki rating tertinggi dengan makanan lumpiang Shanghai dan tortang talong. Lumpiang sendiri merupakan versi kembar dari lumpia yang eksis di Indonesia. Bedanya lumpiang Shanghai dibuat dari campuran daging babi cincang, irisan bawang, wortel hingga lada sebelum dibalut kulit lumpia.

Peringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia ProtesPeringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia Protes Foto: TasteAtlas/Facebook/Food

Kemudian untuk tortang talong, sajian ini merupakan telur dadar menggunakan terong yang disajikan dengan kecap tiram hingga irisan cabe. Dua makanan asal Filipina ini sukses mendapatkan nilai 4.8 dengan label 'best' atau makanan terbaik.

Di peringkat ini masuk juga bubur ayam dari Indonesia, hidangan favorit warga Indonesia saat sarapan. Paduan suwiran daging ayam, kuah kuning, kacang, cakwe hingga kerupuk kecap dan sambal. Bubur ayam Indonesia mendapatkan nilai 4.7 dengan peringkat 'best' juga.

Selain itu ada juga makanan Indonesia lainnya seperti sate ayam yang mendapat peringkat 4.2 dan acar timun dengan peringkat 3.2.

Namun yang membuat netizen Malaysia geram adalah, peringkat nasi lemak yang berada di bawah bubur ayam Indonesia. Selain itu makanan dari Malaysia yang dipilih hanya satu, sementara Indonesia ada tiga dari total 12 makanan yang dipilih TasteAtlas.

Peringkat Nasi Lemak di Bawah Bubur Ayam Indonesia, Netizen Malaysia ProtesBubur Ayam gaya Indonesia. Protes Foto: TasteAtlas/Facebook/Food

"Fakta bahwa bubur ayam masuk ke dalam tiga besar menunjukkan bahwa peringkat TasteAtlas ini payah. Saya makan bubur ayam ketika sakit, makanan ini hanya makanan rumahan saja (comfort food)," komen salah satu pengguna Facebook asal Malaysia.

"Sebagai orang Malaysia, saya tidak apa-apa nasi lemak dilabeli peringkat 'OK'. Karena rasa nasi lemak di setiap restoran dan tempat makan berbeda. Tapi apa-apaan bubur ayam masuk ke peringkat atas? Memang bubur ayam itu selalu enak, tapi itu kan makanan hambar. Ini sama saja seperti memberikan nilai 4.5+ untuk oat," kritik netizen Malaysia lainnya.

Menanggapi kritikan ini, netizen Indonesia langsung balas dan membela bubur ayam yang disebut sebagai makanan hambar dan biasa saja oleh netizen Malaysia.

"Bubur ayam dari Indonesia itu tidak hambar seperti yang orang-orang pikirkan. Ada kuah karinya, ada kecap asin, sambal dan ada aneka topping, seperti suwiran ayam goreng, cakwe, sate-satean, kerupuk udang, telur asin dan masih banyak lagi. Rasanya enak dan jadi menu sarapan favorit banyak orang, jadi mungkin itu alasan mengapa ratingnya tinggi," bela netizen dari Indonesia.

Masih tak mau kalah, beberapa netizen menyebutkan bahwa rating ini tidak objektif. Karena nasi lemak cenderung punya rasa pedas dari sambal, dan orang-orang Barat tidak suka rasa pedas, makanya tidak memilih nasi lemak di posisi teratas.

Baca Juga: Gegara Minuman 'Bandung Cincau', Netizen Malaysia dan Indonesia Berdebat Sengit" selengkapnya



Simak Video "Uniknya Santap Bubur Bakar Pakai Kendil di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)