Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan Malaysia

Maya Safira - detikFood Kamis, 21 Sep 2017 16:49 WIB
Foto: dikhy sasra Foto: dikhy sasra
Jakarta - Minuman cendol populer di Indonesia maupun Malaysia. Namun sebuah unggahan di media sosial kembali memunculkan keributan netizen kedua negara.

Pada Rabu (20/9), akun Twitter @thisisinsider mengunggah video mengenai pembuatan cendol. Tweet ini diberi caption: "Find this Malaysian specialty @rasanyc." Tulisan ditutup dengan emoticon gambar bendera Malaysia.

Video berisi tentang restoran Rasa di New York yang menyajikan cendol dan makanan kaki lima Malaysia. Dalam tulisan di video, Insider menulisnya sebagai "a sweet Malaysian dessert." Kemudian Insider juga menyebut cendol sebagai sajian manis populer di Asia Tenggara.

Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan MalaysiaFoto: Istimewa


Warna hijau cendol dikatakan berasal dari penggunaan air pandan. Lalu ada saringan yang membentuk adonan dengan konsistensi seperti jeli.

Di Rasa, cendol disajikan bersama es serut, gula merah dan kacang merah. Layaknya kebanyakan racikan es cendol di Malaysia.

Video dari Insider berujung memancing keributan. Beberapa pengguna Twitter asal Indonesia menyebut kalau cendol merupakan makanan Indonesia.

Salah satunya akun @askamajid menulis, "yap, maybe u can find Chendol anywhere.. but it's Indonesian food ya.. takenote, yaa." Hal serupa juga dikatakan pengguna akun @kamilawall. Ia menulis,"cendol is Indonesian tradisional dish. get your source right."

Sementara itu, netizen Malaysia ikut berkomentar. Ada yang mengatakan,"stop claiming and shut up, please." Akun @luqmannsani menyebut "semua makanan Malaysia adalah milik Indo! Kahkahkah #claimlagidanlagi."

Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan MalaysiaFoto: Istimewa


Bahkan sampai mangkuk ayam jago yang tampil dalam video ikut diperdebatkan. Khususnya oleh netizen Indonesia yang mengatakan itu juga milik Indonesia.

Beberapa menengahi dengan mengatakan Indonesia dan Malaysia berdekatan. Sampai ada yang memberi emoticon hati untuk kedua negara.

Namun ada pula yang memberi komentar lucu seperti, "Come on man, It's from UK (emoticon tertawa) Queen Elizabeth Cendol is famous in Bandung." Tweet balasan lainnya mengaitkannya dengan pacar. Akun @nohara_vinosuke menulis, "Selama di Indonesia gak dihargain ya wajar diclaim tetangga.. selama sama pacar sendiri dianggurin, wajar klo tiba2 kawin sama tetangga."

Menilik sejarahnya, cendol alias dawet merupakan salah satu racikan minuman khas Jawa. Minuman ini terdiri dari cendol, kuah santan, sirop gula merah dan es batu. Pelengkap lainnya berupa potongan nangka.

Di wilayah Sunda, minuman dikenal dengan nama cendol. Sedangkan di Jawa Tengah disebut es dawet. Konon kata cendol berasal dari kata "jendol". Sebab ada sensasi seperti jendolan di mulut ketika minum cendol.

Cendol yang jadi bahan utama es ada yang dibuat dari tepung beras. Terdapat pula berbahan tepung hunkue atau sagu aren. Untuk warnanya, cendol asli berwarna hijau karena memakai air daun pandan suji.

Video Tentang Cendol Ini Picu Reaksi Netizen Indonesia dan MalaysiaFoto: Istimewa


Tak cuma di Indonesia, cendol juga ikut populer di Singapura dan Malaysia. Sama seperti Indonesia, minuman ini dibuat dari santan, gula merah, cendol dan es serut. Ada juga yang menjual cendol dengan variasi kacang merah atau durian.

Menurut laporan Makansutra mengenai cendol, orang Indonesia mulai menjual cendol disepanjang Geylang, Singapura pada tahun 1900. Cendol juga disebut dalam tulisan Malaysia tahun 1932.

Pada tahun 2011, cendol sempat masuk dalam peringkat 50 minuman terenak di dunia versi CNNgo. Kala itu Cendol (Indonesia) menduduki peringkat ke-45.


(msa/odi)