Gegara Minuman 'Bandung Cincau', Netizen Malaysia dan Indonesia Berdebat Sengit

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 04 Des 2021 16:00 WIB
Gegara Minuman ‘Bandung Cincau’, Netizen Malaysia dan Indonesia Berdebat Sengit Foto: Twitter @tasty/Wiki
Jakarta -

Banyak nama makanan dan minuman yang sama di Indonesia dan Malaysia. Hal ini membuat perdebatan soal asal usulnya jadi sengit. Termasuk klaim minuman Bandung cincau.

Berbicara tentang budaya kuliner hingga budaya makan yang mirip antara negara Malaysia dan Indonesia. Seringkali berujung perdebatan sengit antar orang-orang dari dua negara serumpun ini.

Setelah perdebatan panjang tentang klaim renang yang aslinya dari Padang, namun diklaim berasal dari Malaysia. Banyak makanan dan minuman lainnya yang familiar di Indonesia, turut populer di Malaysia yang kerap memicu pro dan kontra.

Seperti halnya baru-baru ini, akun Twitter @tasty milik BuzzFeed (03/12), yang spesialis mengulas konten resep membagikan tentang menu-menu minuman sederhana ala kafe di Malaysia yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Baca Juga: 5 Makanan dari Indonesia dan Malaysia yang Terkenal Enak" selengkapnya


Dari sekian banyak menu minuman mulai dari pandan latte, Cham Peng, Milo Dinosaur, Thai Green Tea Milk, sampai boba tea semuanya dibagikan oleh @tasty. Tapi ada satu menu resep minuman yang menarik perhatian netizen.

Gegara Minuman 'Bandung Cincau', Netizen Malaysia dan Indonesia Berdebat SengitGegara Minuman 'Bandung Cincau', Netizen Malaysia dan Indonesia Berdebat Sengit Foto: Twitter @tasty/Wiki

"Menu-menu minuman kafe khas Malaysia yang bisa dibuat di rumah ini sangat menyegarkan," tulis akun @tasty, lengkap dengan gelas berisi sirup manis berwarna merah strawberry, yang dipadukan dengan susu kental manis.

"Mari kita buat menu-menu minuman yang populer di berbagai kafe di Asia," sambung akun @tasty.

Setelah mencampur susu kental manis dengan sirup, minuman yang satu ini diaduk kemudian dituangkan bulir-bulir cincau dan es batu lengkap dengan tambahan sirup manis di atasnya.

"Sirup Bandung Cincau, asal dari Malaysia dan Singapura," tertulis keterangan isi menu tersebut.

Tentunya hal ini mengundang berbagai komentar dari netizen di Indonesia. Banyak komentar kesal dari netizen Indonesia setelah membaca menu Bandung Cincau yang diklaim dari Malaysia dan Singapura.

"Capek banget, jelas-jelas namanya Bandung Cincau. Tiba-tiba from Malaysia," komen @dinda**.

"Duh, minuman pertama yang kalian buat itu pakai nama kota Bandung. Letaknya ada di Jawa Barat, Indonesia. Cincau, atau jelly hitam juga berasal dari sana. Terus gimana ceritanya bisa diklaim dari Singapura dan Malaysia?" cecar @leon** dalam bahasa Inggris.

"Kok malah bisa sih klaim minuman Bandung Cincau dari Malaysia dan Singapura. Jelas-jelas dari nama aja udah Indonesia banget," sahut @na**.

Merasa tak terima dengan tuduhan dan kritikan dari netizen Indonesia. Netizen Malaysia berbondong-bondong menyanggah tuduhan tersebut. Mereka menjelaskan bahwa di Malaysia, 'Bandung' artinya campur bukan nama kota Indonesia.

A closer look on milk pour on a cup of boba (tapioca pearl bubble) cooked with brown sugar and added with ice cubes. Foto: iStock

"Bruh, Bandung di Bahasa Melayu artinya mixed atau campur. Bukan nama kota. Sudah lah berhenti seperti ini, tidak perlu mengklaim semuanya berasal dari negara kalian," bela @fl** yang berasal dari Malaysia.

"Buat semua netizen yang mengira bahwa Bandung yang dimaksud dalam resep di atas merupakan kota Bandung di Indonesia. Apakah kalian berpikir semua hal di dunia ini berkaitan dengan negara kalian? Di sini, Bandung artinya campur. Bahasa kita kan ada perbedaan hehe," sambung @just**.

Diketahui sebelumnya, Bandung Cincau merupakan minuman yang populer di Singapura dan Malaysia. Bandung identik dengan sirup manis yang dicampur dengan susu, isiannya bisa diganti dengan cincau hingga cendol.

Baca Juga: Orang Malaysia IniKaget Saat Pertama Kali Makan Nasi Padang di Indonesia" selengkapnya



Simak Video "Nongkrong di Kafe Stylish Bergaya Jepang di Tebet"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com