Manfaatkan Kulit Pisang, Netizen Ini Mengolahnya Jadi 'Bacon Halal'

ADVERTISEMENT

Manfaatkan Kulit Pisang, Netizen Ini Mengolahnya Jadi 'Bacon Halal'

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 15:30 WIB
Bacon Halal dari Kulit Pisang
Foto: TikTok @urimiji

Dua Kali Percobaan

Sebelum mengunggah bacon 'halal' dari kulit pisang itu menjadi konten, Jimmy dan Michelle juga tak langsung berhasil. Ternyata ia melakukan dua kali percobaan sampai hasilnya benar-benar enak.

"Kita nggak lansung jadi pas bikin ini. Ada dua batch. Batch pertama gosong belum sempat mengkaramelisasi. Terus pas coba kedua beru berhasil," jelas Jimmy dan Michele.

Hasil dari bacon 'halal' kulit pisang di percobaan kedua sesuai dengan ekspektasi mereka. Kulit pisang tidak gosong, melainkan terkaramelisasi dengan baik. Hal ini membuat tekstur dari bacon 'halal' kulit pisang jadi renyah.

Cara Membuat Bacon Kulit Pisang

Bacon Halal dari Kulit PisangBacon Halal dari Kulit Pisang Foto: TikTok @urimiji

Jimmy dan Michele mengungkapkan secara jelas bagaimana cara membuatnya lewat video singkat di TikTok. Bahan yang harus tersedia adalah kulit pisang. Untuk bumbunya terbuat dari kecap asin, kaldu jamur bubuk, bawang putih bubuk, paprika bubuk, cabe bubuk, dan madu.

"Kucinya honey, biar ada glazed-glazednya gitu," ujar Jimmy.

Kulit pisang ditipiskan dengan membuat serat bagian dalamnya. Setelah itu digoreng dalam minyak yang telah diberikan beragam bumbu. Masak kulit pisang sampai seluruh permukaannya terlapisi bumbu.

Bacon Halal dari Kulit PisangBacon Halal dari Kulit Pisang Foto: TikTok @urimiji

Madu pada bumbu tersebut dapat membuat kulit pisang terkaramelisasi. Kamu tinggal mendiamkannya sejenak sampai kulit pisang yang terkaramelisasi itu kering.

Menyoal rasa, Jimmy dan Michele mengatakan kalau rasanya dominan manis di awal dari madu. Kemudian ada sensasi agak pedas dan asin.

Baca Juga: 4 Bakmi Babi Favorit di Jakarta yang Lokasinya Berada di Dalam Gang



Simak Video "Kripik Kulit Pisang, Inovasi Baru dari Ibu Asal Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT