Manfaatkan Kulit Pisang, Netizen Ini Mengolahnya Jadi 'Bacon Halal'

ADVERTISEMENT

Manfaatkan Kulit Pisang, Netizen Ini Mengolahnya Jadi 'Bacon Halal'

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 15:30 WIB
Bacon Halal dari Kulit Pisang
Foto: TikTok @urimiji
Jakarta -

Tutorial memasak banyak tersebar di TikTok. Mulai dari kreasi makanan umum, hingga kreatif seperti 'bacon halal' yang terbuat dari kulit pisang. Ini faktanya!

Bacon merupakan salah satu olahan daging bagian perut babi yang populer di dunia. Banyak digunakan pada masakan ala Barat, seperti isian sandwich, burger, hingga teman makan telur.

Dikarenakan bacon termasuk makanan non halal, muslim tak boleh mengonsumsinya. Namun ada alternatif bacon yang terbuat dari daging sapi yang disebut 'beef bacon' dan banyak digunakan oleh restoran.

Tak hanya terbuat dari daging sapi, tapi bacon 'halal' juga bisa terbuat dari kulit pisang. Seorang netizen membuat bacon 'halal' kulit pisang ini dan mengunggah tutorialnya di TikTok @urimiji (13/3).

Jimmy dan Michele, dua orang konten kreator TikTok yang mengelola akun tersebut mengungkapkan fakta di balik bacon 'halal' dari kulit pisang kepada detikFood. Berikut fakta menarikya!

Baca Juga: 5 Hidden Gem Kuliner di Bintaro yang Jadi Incaran Anak Milenial

Terinspirasi dari Gordon Ramsay

Bacon Halal dari Kulit PisangBacon Halal dari Kulit Pisang Foto: TikTok @urimiji

Jimmy dan Michele mengungkapkan kalau bacon 'halal' dari kulit pisang buatannya ini terinspirasi dari kreasi milik chef Gordon Ramsay. Saat itu diketahui kalau Gordon Ramsay pernah membuat vegan bacon. Namun bahan yang dipakai oleh Gordon Ramsay adalah rice paper dan tahu.

"Bacon 'halal' kulit pisang buatan kita ini sebenarnya terinspirasi dari vegan bacon buatan Gordon Ramsay. Meskipun sebenarnya beda komposisi bahan utamanya. Kalau Gordon kan pakai rice paper dan tahu ya," ujar Jimmy dan Michele kepada detikFood.

Bahan yang digunakan oleh Jimmy dan Michele berbeda dengan Gordon Ramsay karena ingin menghasilkan kreasi baru. Mereka turut mengungkapkan alasannya memakai kulit pisang karena melihat tren smoothies pisang di TikTok. Dari tren tersebut terlihat kulit pisang yang banyak terbuang, dan mereka memanfaatkannya.

"Jadi inshort munculnya bacon halal dari food waste konten smoothies TikTok. Kan itu banyak kulit pisang, terus kita coba buat dulu rencananya daripada harus beli rice paper dan tahu ala Gordon. Kita coba buat dengan resep takaran sendiri, finally jadi deh tanpa disengaja," jelas Jimmy dan Michele.

Baca Juga: Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya Sekarang



Simak Video "Kripik Kulit Pisang, Inovasi Baru dari Ibu Asal Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT