Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam Alquran

ADVERTISEMENT

Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam Alquran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 11 Mar 2022 05:00 WIB
Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam Alquran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Radachynskyi
Jakarta -

Anggur adalah buah istimewa dalam Islam. Buah ini tercatat 14 kali dalam Alquran. Anggur pernah jadi hadiah istimewa Nabi Muhammad SAW. Mengonsumsi anggur rupanya juga baik untuk kesehatan.

Ada beberapa buah yang tercatat secara spesifik dalam Alquran. Salah satunya anggur yang bahkan tercantum belasan kali dalam kitab suci agama Islam ini.

dr. Zaidul Akbar melalui Instagramnya (4/3/2022) menjelaskan, jika ada buah yang disebutkan dalam Alquran, pastilah ia memiliki keistimewaan. Utamanya dari sisi manfaat.

"Anggur salah satunya disebutkan 14 kali dalam Alquran. Salah satunya di surat An Nahl," kata dokter yang populer dengan metode Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini.

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (Q.S. An-Nahl : 11)

dr. Zaidul Akbar mengungkap anggur termasuk salah satu buah yang tinggi antioksidan. Anggur juga bersifat antikanker, mengandung serat tinggi, dan enzim.

Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam Alqurandr. Zaidul Akbar menjelaskan anggur bersifat antikanker dan mengandung serat tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Radachynskyi

"Bahkan anggur juga karena tingginya gula di dalamnya, disebutkan Alquran bisa digunakan untuk membuat minuman yang memabukkan (An-Nahl 67)," tulis dokter lulusan Universitas Diponegoro itu. Tapi tentu saja Muslim tidak boleh mengonsumsi minuman anggur yang memabukkan.

"Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan." (Q.S. An-Nahl : 67)

Nabi Muhammad SAW punya cerita unik dengan anggur. Beliau pernah mengajarkan soal akhlak pada sahabat-sahabatnya melalui anggur.

Dikisahkan suatu hari seorang lelaki miskin dari desa datang membawa semangkuk penuh buah anggur yang hendak dihadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Lelaki miskin ini begitu bersemangat memberikan hadiah untuk Nabi Muhammad SAW. Dia menyimpan anggur itu dan mengatakan, "Wahai Rasulullah, terimalah hadiah kecil ini dariku."

Nabi Muhammad SAW mengambil anggur itu lantas memakannya. Beliau bahkan menghabiskan semangkuk anggur, namun hal ini membuat sahabat-sahabatnya bingung lantaran Nabi Muhammad SAW bersikap tak biasa.

Nabi Muhammad SAW biasanya akan berbagi makanan, namun kali itu tidak. Setelah lelaki miskin itu pergi, barulah beliau mengatakan,"Tidakkah kalian lihat betapa bahagianya ia dengan mangkuk (anggur) itu? Ketahuilah ketika aku memakannya, anggur itu terasa asam. Maka aku khawatir apabila aku membaginya kepada kalian, maka kalian akan menampakkan reaksi yang akan merusak kebahagiaannya".

Masya Allah! Ini Keistimewaan Anggur, Buah yang Disebut 14 Kali dalam AlquranNabi Muhammad pernah memberi teladan lewat konsumsi anggur pemberian seorang lelaki miskin. Foto: Getty Images/iStockphoto/Radachynskyi

Baca Juga: Tercatat Dalam Al-Quran, Buah Anggur Juga Jadi Hadiah untuk Rasulullah SAW

Mengenai manfaat sehatnya, konsumsi anggur bagus untuk kesehatan jantung. Anggur mengandung flavonoid bernama quercetin dan resveratrol. Keduanya mampu menurunkan tekanan darah dan bisa memelihara kesehatan jantung.

Konsumsi anggur juga bagus untuk pencernaan. Buah mungil ini mengandung magnesium yang bisa menjadi obat alami untuk gangguan pencernaan.

Selain itu serat pada anggur juga bisa membantu buang air besar lebih lancar. Jika kamu sering sembelit, konsumsi anggur bisa jadi solusinya.

Baca Juga: 5 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW Ini Bisa Tingkatkan Imunitas



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT