10 Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara Mengolahnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 10 Mar 2022 12:30 WIB
Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara Memasaknya
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Jenis pasta ternyata ratusan lebih dan masih ada beberapa yang jarang diketahui. Seperti manicotti, gnocchi, hingga farfale. Cara mengolahnya juga berbeda.

Pasta merupakan makanan khas Italia yang bahan dasarnya dari adonan tepung gandum berbentuk lembaran atau bentuk lain yang beragam. Pasta ini dimasak dengan cara direbus atau dipanggang bersama aneka saus.

Jenis pasta yang umum ditemui di Indonesia adalah spaghetti, fusili, macaroni, dan lasagna. Di antara jenis yang populer ini, ternyata masih banyak jenis pasta yang jarang diketahui.

Dilansir dari Today, ada sekitar 10 jenis pasta yang jarang diketahui. Seperti manicotti, gnocchi, farfale, dan masih banyak jenis lainnya.

Baca Juga: Lionel Messi Kolaborasi dengan Lays's, Rilis Rasa Baru Edisi Terbatas

Berikut 10 jenis pasta yang jarang diketahui dan cara mengolahnya.

1. Bigoli

Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara MemasaknyaBigoli pasta Foto: Getty Images/iStockphoto

Bigoli termasuk pasta yang tampilannya menyerupai mie. Pasta ini menguntai panjang dan tebal. Sekilas mirip seperti bakmi.

Pasta ini biasa disajikan segar, terbuat dari tepung dan air. Bigoli sangat pas jika dimasak dengan saus yang kental.

2. Bucatini

Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara MemasaknyaButacini pasta Foto: Getty Images/iStockphoto

Sama seperti bigoli, bucatini juga pasta yang menyerupai mie atau spaghetti. Bentuknya menguntai panjang dan tebal, namun bagian tengahnya terdapat lubang.

Pasta yang asalnya dari Napoli ini dapat ditemukan di menu restoran Roma. Biasanya dipasangkan dengan saus pasta klasik Roma yaitu amatriciana.

3. Calamarata

Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara MemasaknyaCalamatra pasta Foto: Getty Images/iStockphoto

Pasta satu ini bernama Calamarata, sekilas mirip seperti nama calamari menu cumi-cumi goreng tepung. Dinamakan seperti itu karena bentuknya menyerupai potongan cumi-cumi.

Calamarata sangat populer di sekitar Napoli. Bisa disajikan dengan beragam saus pasta, tapi biasanya dengan bahan utama ikan.

4. Cavatelli

Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara MemasaknyaJenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara Memasaknya Foto: Getty Images/iStockphoto

Cavatelli berasal dari kata 'incavata' yang mengacu pada bentuk lengkungan. Jenis pasta kecil yang mirip seperti cangkang. Pasta ini berasal dari wilayah Molise, Italia Selatan.

Pasta ini bisa dimasak dengan saus yang kental. Karena lenngkungan pada bagian dalamnya bisa menyimpan saus pasta, sehingga rasanya merata.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar!

5. Farfalle

Jenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara MemasaknyaJenis Pasta yang Jarang Diketahui dan Cara Memasaknya Foto: Getty Images/iStockphoto

Farfalle dalam bahasa Italia berarti kupu-kupu. Seperti namanya, pasta ini berbentuk seperti sayap kupu-kupu atau mirip dengan pita.

Pasta ini termasuk jenis kering. Farfalle biasanya dipasangkan dengan saus sederhana yang ringan. Bisa juga ditambahkan tomat ceri dan mozzarella.



Simak Video "'Pasta Padang', Ketika Bumbu Minang Kawin dengan Pasta Italia"
[Gambas:Video 20detik]