Punya Rasa Pahit, Ini Madu Corbezzolo yang Langka dari Italia

ADVERTISEMENT

Punya Rasa Pahit, Ini Madu Corbezzolo yang Langka dari Italia

Devi Setya - detikFood
Kamis, 10 Mar 2022 13:30 WIB
Nabi Muhammad SAW Cegah Virus Masuk ke Tubuh dengan Mengonsumsi 3 Makanan, Yaitu Kurma, Madu, dan Jintan Hitam
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Hampir semua orang menganggap madu punya rasa manis, padahal ada madu yang rasanya sangat pahit. Madu langka asal Italia bernama Corbezzolo ini juga dibanderol dengan harga mahal.

Rasanya yang manis serta memiliki kandungan nutrisi lengkap, membuat madu kerap digolongkan sebagai superfood. Madu juga bisa ditambahkan dalam minuman maupun makanan karena rasanya enak.


Tapi ternyata tidak semua jenis madu punya rasa manis legit. Ada madu yang rasanya asam bahkan sangat pahit. Seperti salah satunya madu corbezzolo yakni madu langka yang rasanya pahit.

Madu Corbezzolo yang Langka dari ItaliaMadu Corbezzolo yang Langka dari Italia Foto: Odditty Central

Dilansir dari Oddity Central (8/3) madu Corbezzolo adalah jenis madu unik yang terkenal karena rasanya tidak seperti madu pada umumnya. Madu satu ini rasanya super pahit namun memiliki segudang nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan.

Madu ini dihasilkan di Italia tepatnya di Sardinia. Ada beberapa bukti sejarah berupa catatan kuno yang menceritakan soal madu pahit asal Sardinia ini. Catatan kuno ini menyebutkan soal rasa kontras antara madu Sardinia dan madu manis dari Pegunungan Hyblean.

Bukan hanya terkenal dengan rasanya yang pahit, madu ini juga mengandung vitamin dan mineral. Madu Corbezzolo juga memiliki sifat antiinflamasi. Sejak ratusan tahun lalu, madu ini digunakan sebagai obat batuk dan obat yang dikonsumsi untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Madu Corbezzolo diperoleh dari bunga corbezzolo yang tumbuh di semak-semak. Ini termasuk jenis madu yang sulit untuk dibuat karena keberadaan bunga corbezzolo sangat terbatas. Bunga ini membutuhkan kondisi cuaca khusus untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Selain itu bunga corbezzolo juga memiliki bentuk agak kuncup pada bagian ujungnya sehingga membuat lebah sulit mengambil nektar bunga. Ketika musim hujan tiba, bunga corbezzolo tidak akan merekah, serta lebah pun enggan meninggalkan sarang. Inilah yang menjadi alasan mengapa madu Corbezzolo sangat langka dan terbatas. Bahkan madu ini dianggap paling langka dan paling berharga di dunia.

Madu Corbezzolo memiliki profil rasa yang kompleks. Bagi yang pernah mencicipinya akan merasakan sensasi pahit tajam serta asam mirip cuka. Beberapa orang juga mengatakan aromanya mirip getah pohon pinus, beraroma seperti kopi bahkan memiliki aroma smokey yang khas.

Karena rasanya yang beragam ini menjadikan banyak orang tidak suka madu Corbezzolo. Apalagi madu ini punya rasa pahit menyengat.

Madu Corbezzolo yang Langka dari ItaliaPohon bunga Corbezzolo di Italia Foto: Odditty Central

Tidak diketahui mengapa madu corbezzolo memiliki rasa pahit. Beberapa orang beranggapan bahwa rasa pahit ini berhubungan dengan kandungan glikosida arbutin yang dikandung oleh bunga corbezzolo.

Untuk menyiasati rasanya yang pahit, orang-orang biasa mengonsumsi madu ini dengan makanan lain seperti keju atau campuran pada makanan penutup. Madu ini juga sering jadi campuran untuk menikmati secangkir espresso.

Di pasaran, madu ini dibanderol dengan harga $32 atau sekitar Rp 460 ribu untuk kemasan 200 gram. Namun persediaan madu ini tidak selalu banyak. Masyarakat Sardinia sangat bangga dengan madu Corbezzolo ini. Mereka menganggap madu ini bagian dari kebudayaan tradisional.



Simak Video "Cicip Pizza Autentik Italia Berbahan Sourdough di Resto Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT