7 Makanan Ini Tak Pernah Kedaluwarsa Asal Disimpan dengan Benar

Devi Setya - detikFood
Minggu, 20 Feb 2022 15:30 WIB
Ini Cara Membedakan Gula Merah Asli dan Oplosan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tuayai
Jakarta -

Hampir seluruh makanan memiliki masa simpan ideal dan punya batas kedaluwarsa. Namun ada makanan yang tak pernah kedaluwarsa, seperti garam dan madu.

Ketika hendak membeli produk makanan atau minuman, penting untuk memperlihatkan tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan. Produk dengan tanggal kedaluwarsa paling lama pastilah menjadi pilihan.

Namun sebenarnya tidak semua produk makanan memiliki tanggal kedaluwarsa. Dilansir dari Times of India (16/2) beberapa makanan tidak mengenal istilah kedaluwarsa. Bahkan aman dikonsumsi meskipun sudah melewati masa kedaluwarsanya.

Meskipun tidak mengenal masa kedaluwarsa tetapi harus memperhatikan cara dan tempat penyimpanan yang baik. Kualitas makanan juga akan menurun jika tidak ditempatkan dalam wadah yang bersih.

Berikut beberapa makanan yang tidak bisa kedaluwarsa:

1. Garam

Garam adalah salah satu bahan pengawet alami, yang tidak pernah kedaluwarsa. Karena bersifat sebagai pengawet, garam kerap diandalkan untuk membuat acar dan camilan kering agar bisa disimpan lama.

Hal ini berlaku untuk jenis garam alami yang tidak diberi tambahan yodium atau bahan kimia lainnya. Tambahan bahan kimia justru dapat merubah sifat alami garam sehingga masa kedaluwarsanya tidak panjang.

Garam diekstraksi dari air laut sehingga rasa asinnya tidak akan berkurang. Garam alami tidak memiliki kadaluarsa namun ketika ditambah bahan kimia maka masa simpannya menjadi sekitar 5-6 tahun. Cara penyimpanan garam juga menentukan kualitasnya jadi usahakan simpan garam dalam wadah kering tertutup rapat dan tidak terkena matahari langsung.

Tren Jelly Madu di TikTokMadu jadi makanan yang tidak kedaluwarsa Foto: TikTok @_chwisbuncis_ @emilmario69 iStock

2. Madu


Madu disebut juga sebagai cairan emas karena kandungan nutrisi dan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Madu dan kandungan nutrisinya tetap terjaga meskipun sudah disimpan dalam waktu yang sangat lama.

Madu adalah salah satu makanan yang dapat kamu nikmati kapan saja tanpa khawatir tanggal kadaluarsa. Madu alami yang punya rasa manis dan lezat ini dipercaya dapat bertahan selama puluhan tahun.

Cara terbaik menyimpan madu adalah dalam wadah tertutup rapat. Hal yang membuat madu awet bertahun-tahun adalah karena kandungan air yang sangat sedikit sehingga tidak terjadi pertumbuhan mikroba dalam madu.

3. Kopi

Kopi instan aman dikonsumsi bahkan setelah melewati tanggal kedaluwarsa, ini karena kopi dibuat dengan mengeringkan campuran konsentrat kopi yang telah diseduh sebelumnya. Kopi instan diolah dengan cara dikeringkan menggunakan udara panas untuk mengubah cairan menjadi bubuk kopi yang halus.

Proses pengeringan kopi instan memastikan tidak ada uap air atau air sehingga mengurangi kemungkinan pembusukan. Namun pastikan kopi dalam kemasan yang tertutup rapat karena ketika kopi terkena udara terbuka maka aroma dan rasanya akan berkurang drastis.

4. Kecap


Bumbu fermentasi ini biasa ditambahkan dalam berbagai masakan, terutama makanan ala China. Rasa masakan jadi semakin gurih dan lezat ketika diberi tambahan soy sauce. Selain melezatkan makanan, kecap juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Kecap yang dibuat secara alami tanpa tambahan zat kimia dan pengawet dapat disimpan hingga puluhan tahun. Sebotol kecap yang belum dibuka dapat bertahan hingga beberapa dekade asalkan disimpan dalam suhu ruang dan tempat bersih. Kandungan garam dalam soy sauce juga menjadikan bumbu masak ini lebih awet.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Donat Kukus Semangka Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]