ADVERTISEMENT

5 Makanan yang Bantu Pemulihan COVID-19 Rekomendasi WHO

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 13 Feb 2022 06:00 WIB
Makanan untuk pemulihan COVID-19
Foto: iStock
Jakarta -

Pada masa pemulihan dari COVID-19, tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi penting. World Health Organization merekomendasikan beberapa jenis makanan.

Pola makan sehat merupakan faktor penting dalam masa pemulihan dari COVID-19. Proses penyembuhan akan cepat jika tubuh mengasup sejumlah nutrisi penting, seperti protein, serat dan antioksidan.

Meskipun sebenarnya tidak ada jenis makanan yang spesifik dapat menyembuhkan COVID-19. Namun paling tidak, kita memberi nutrisi yang sehat dan yang dibutuhkan tubuh.

Yang terpenting, nutrisi tersebut dapat menjadi tameng dari virus berbahaya. World Health Organization (WHO) pun memberikan beberapa rekomendasi makanan sehat untuk pemulihan COVID-19.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 5 makanan tersebut:

1. Cokelat Hitam

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate dapat mengurangi kadar hormon kortisol atau hormon stres dan hormon katekolamin.

Dengan begitu, bisa juga membantu untuk membatasi pertumbuhan dan penyebaran virus dan mencegah penularan virus. Selain itu, jenis cokelat ini mengandung banyak magnesium.

Magnesium itu yang berperan sebagai antibodi. Menurut peneliti, magnesium bisa membantu sel kekebalan limfosit untuk mengikat biang penyakit, sehingga biang penyakit lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: Cara Pria saat Bawakan Makanan untuk Kekasihnya yang Lagi Isolasi Ini Bikin Baper

2. Kentang

Makanan untuk pemulihan COVID-19Kentang adalah salah satu makanan untuk pemulihan COVID-19 Foto: iStock

Dikutip dari MedlinePlus, kentang dapat berperan mengatur keseimbangan cairan. Kondisi itu penting ketika tubuh sedang melawan COVID-19, virus yang menyerang sistem pernapasan.

Virus ini bisa mengentalkan sekresi pernapasan dan membuatnya sulit dibersihkan dari paru-paru. Karenanya disarankan mengonsumsi kentang, karena kentang kaya akan potasium.

Kandungan itu menjadikan sumber mineral yang baik, sehingga membantu mengatur keseimbangan cairan. Pilihan makanan lain dengan peran yang sama adalah pisang, alpukat dan aprikot.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT