Sering Dicap Jorok, Gorengan di India Ini Justru Digoreng Pakai Minyak Jernih

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 08 Mar 2022 18:00 WIB
Sering Dicap Jorok, Gorengan di India Ini Justru Digoreng Pakai Minyak Jernih
Foto: TikTok/hendrarenaldy
Jakarta -

Jajanan kaki lima di India identik dengan penyajiannya yang tak higienis. Ternyata penjual gorengan kaki lima India ini malah menggunakan minyak yang sangat jernih.

Ketika membicarakan jajanan India banyak orang yang akan berpikir bahwa makanannya disajikan dengan cara yang jorok. Penggunaan alat yang terlihat tak bersih hingga pedagangnya yang langsung menggunakan tangan telanjang untuk mengambil makanannya.

Video singkat tentang para pedagang India di media sosial juga dengan mudah banyak ditemukan. Tidak jarang video tentang pedagang di India ini justru banyak menerima komentar negatif dari netizen.

Ternyata ada sisi lain dari para pedagang kaki lima di India yang masih belum banyak diketahui. Pedagang kaki lima India yang menjajakan gorengan begitu menjaga kebersihan minyak yang mereka gunakan.

Baca juga: Viral! Kisah Penjual di India Dikritik karena Jual Panipuri Keju

Sering Dicap Jorok, Gorengan di India Ini Justru Digoreng Pakai Minyak JernihDikenal jorok, pedagang India yang satu ini menggunakan minyak goreng yang begitu jernih. Foto: TikTok/hendrarenaldy

Mengutip TikTok @hendrarenaldy (7/3), sebuah video singkat memperlihatkan bagaimana seorang pedagang kaki lima menyiapkan warungnya sebelum mulai berjualan. Pedagang ini diketahui menawarkan menu gorengan di salah satu kawasan pasar di India.

Pada awal video terlihat pedagang tersebut menuangkan minyak goreng ke dalam wadah penggorengan yang begitu besar. Uniknya, minyak yang digunakan benar-benar bersih dan jernih bahkan hampir mirip air saat dituangkan.

Setelahnya terlihat adonan berwarna kuning yang sudah disiapkan untuk selanjutnya dimasak sebagai bahan utama menu gorengan mereka. Netizen kembali dibuat salah fokus dengan bahan yang taburkan di atas adonan gorengan.

Segenggam putik bunga saffron terlihat ditaburkan dalam jumlah yang banyak dan dicampurkan dengan adonan yang sudah disiapkan. Pasalnya harga bunga saffron sendiri diketahui begitu tinggi tetapi bagi penjual makanan kaki lima India ini adalah hal yang lumrah dilakukan.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bikin Sperma Melimpah, Cocok Buat Bapak-Bapak!

Sering Dicap Jorok, Gorengan di India Ini Justru Digoreng Pakai Minyak JernihTidak hanya minyaknya yang bikin salah fokus, penggunaan saffron yang banyak juga membuat netizen terkejut melihatnya. Foto: TikTok/hendrarenaldy

Setelah semua bahan diaduk merata kemudian sesendok adonan mulai dicetak dan digoreng hingga matang. Karena minyak yang digunakan begitu jernih, adonan yang sudah berwarna kuning ini tetap berwarna cerah dan tidak terlihat ada noda menghitam dari minyak yang digunakan.

Saat dilihat oleh detikcom (8/3) unggahan ini bahkan telah disaksikan lebih dari 2,2 juta kali dengan banyak netizen yang mengaku terkejut. Banyak komentar yang mengatakan ini daerah yang lebih elit karena pembuatan makanannya lebih higienis hingga penggunaan saffron yang juga bikin salah fokus.

"Beda kecamatan ya guys, kecamatan lain ngaduknya pakai tangan dan di dalam ember cat," tulis akun @tigoore.

"Emak gw menangis melihat minyaknya," tulis akun @uswatunkhasanah__

"Oke otw (segera) beli itu ada saffronnya bisa buat kulit bagus walaupun minyaknya begitu banyak," tulis akun @ms..libra.

Baca juga: Tom Holland Sebut Nasi Goreng Indonesia Makanan Terenak di Dunia



Simak Video "Beli Takjil di Sini Bisa Dapat Minyak Goreng dengan Harga Murah"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)