Gurih Segar Rujak Buah yang Diguyur Kuah Pindang, Sudah Coba?

ADVERTISEMENT

Gurih Segar Rujak Buah yang Diguyur Kuah Pindang, Sudah Coba?

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Sabtu, 05 Mar 2022 08:17 WIB
Rujak Buah Kuah Pindang
Foto: Instagram.com/ sateplecingkusuma
Jakarta -

Beberapa daerah di Indonesia punya hidangan rujak yang khas. Sebut saja rujak cingur yang terkenal di Jawa Timur. Ada juga rujak bebek atau bebeg atau beubeuk dari Tanah Sunda.

Di Bali juga ada beragam jenis olahan rujak buah yang tidak hanya segar tapi juga nikmat. Salah satu yang paling digemari yaitu rujak kuah pindang. Sajian ini memiliki rasa unik dan berbeda dari rujak pada umumnya yang menggunakan sambal gula merah.

Seperti namanya, olahan buah-buahan segar khas Bali ini diguyur air rebusan ikan pindang (sarden, lemuru, atau tuna). Selanjutnya kuah pindang dicampur dengan gula merah atau gula pasir dan terasi. Tentunya ini yang membuat cita rasa spesial dari rujak kuah pindang. Sensasi asam, pedas, dan gurihnya dijamin bikin ketagihan.

Adapun buah untuk rujak umumnya terdiri dari mangga muda, pepaya, bengkoang, kedondong, nanas, dan mentimun yang diserut. Meski menggunakan kuah kaldu ikan, namun jangan khawatir rasa rujak kuah pindang tidak amis, melainkan segar karena perpaduan racikan bumbu dan campuran buah-buahan.

Kalau lagi di Bali jangan lupa cobain rujak kuah pindang khas di pulau ini. Buat arek Suroboyo yang penasaran ingin mencicipi rujak kuah pindang, nggak usah jauh-jauh ke Bali. Kamu bisa melipir ke Sate Plecing Kusuma yang lokasinya ada di Jl. Wisma Permai Tengah, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya.

Di sini tersedia menu rujak kuah pindang yang terkenal kelezatannya. Selain itu ada juga varian rujak manis yang bisa kamu nikmati. Untuk 1 porsi rujak kuah pindang original dihargai Rp 18 ribu, sementara untuk varian manisnya Rp 22.500.

Ke Sate Plecing Kusuma tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menyantap menu andalan mereka, yaitu sate plecing. Kamu bisa pilih ingin menyantap sate plecing dengan nasi atau lontong. Keduanya sama-sama nikmat kok, sesuaikan saja dengan selera makan kamu.

Selain makan di tempat, kamu juga bisa memesan berbagai macam menu di Sate Plecing Kusuma secara online. Kunjungi saja laman Instagram @sateplecingkusuma. Tinggal pesan lewat ponsel, dan makanan akan diantarkan langsung ke rumah. Lebih praktis!

Owner Sate Plecing Kusuma Komang Ferdika Kusuma mengatakan usaha kulinernya sudah berjalan selama hampir 4 tahun sejak 2018. Dikatakannya setiap bulan tidak kurang dari 1.000 porsi makanan terjual. Dari jumlah tersebut, Ferdika bisa mengantongi omzet hingga belasan juta.

Dia menjelaskan pandemi tidak terlalu berimbas pada kelangsungan bisnis Sate Plecing Kusuma. Kendati demikian, dia tetap melakukan penyesuaian dengan mendorong penjualan via media sosial.

"Pandemi tidak berdampak. Tapi kami mencoba fokus kepada penjualan online," ujarnya kepada detikcom.

Selain itu, dia juga mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari Kraft Heinz Food Service dan detikcom. Tujuan awalnya ingin menambah pengetahuan agar usaha kuliner yang ia geluti bisa semakin maju dan berkembang.

"(Saya) ingin menambah knowledge tentang mengembangkan bisnis. Semoga ke depan saya dapat mengembangkan bisnis kuliner lebih (besar) lagi," pungkasnya.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT