Viral Hoax Cumi Calamari Terbuat dari Dubur Babi, Ini Isi Pesannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 04 Mar 2022 19:00 WIB
Viral Hoax Cumi Calamari Terbuat dari Dubur Babi, Ini Isi Pesannya
Foto: World of Buzz
Jakarta -

Calamari ring atau cumi calamari jadi olahan seafood favorit banyak orang, namun belakangan viral berita hoax cumi calamari terbuat dari dubur babi. Ini isi pesannya.

Di tengah pandemi Covid-19 beredar banyak berita bohong (hoax) di media sosial. Biasanya berita ini disebarkan oleh kaum antivaksin untuk kepentingan propaganda mereka melawan virus Covid-19 maupun vaksin Covid-19.

Salah satu berita hoax terbaru yang tengah viral di Malaysia menyangkut cumi. Dikatakan bahwa cumi calamari sebenarnya terbuat dari dubur babi. Hal ini terlihat dari unggahan seorang netizen Twitter.

Mengutip World of Buzz (4/3/2022), adalah pengguna Twitter @qeels88 yang menunjukkan hasil tangkap layar pesan WhatsApp sang ibu. Isinya tentang hoax cumi calamari tersebut.

"Informasi tak jelas macam apa yang kalian bagi ke ibu saya," katanya. Terlihat ada foto cumi calamari beku siap olah berlogo halal. Sayangnya foto tersebut dilengkapi keterangan menyesatkan.

Viral Hoax Cumi Calamari Terbuat dari Dubur Babi, Ini Isi PesannyaBerita hoax soal cumi calamari berasal dari dubur babi yang viral di Malaysia. Foto: World of Buzz

Tertulis, "Ingin berbagi beberapa informasi, ini sebenarnya dubur babi, terlihat seperti cumi tapi cincinnya besar dan putih. Jika ini benar-benar cumi, harusnya ada beberapa bintik-bintik di cincin cumi itu."

Berita hoax itu bahkan mengungkap harga cumi calamari yang diduga dubur babi tersebut. "Harganya RM7.90 (Rp 27 ribu) per kg di Perlis dan RM11 (Rp 37 ribu) di Kuala Lumpur," bunyi keterangan.

Pembuat berita hoax itu bahkan bilang kalau cumi calamari ditempatkan di kantong plastik sehingga ia takut membelinya. "Pembuat cumi calamari yang sebenarnya dubur babi ini bahkan menaruh logo halal," ujar si pembuat berita hoax.

Kicauan Qeel di Twitter sudah dibagikan hingga 5 ribu kali. Banyak netizen Malaysia juga mengungkap kalau ibu dan keluarga mereka turut menerima pesan serupa. "Berita hoax ini juga masuk ke grup keluarga saya. Seperti biasa, adik saya memberi argumen bantahan," kata seorang netizen.

Viral Hoax Cumi Calamari Terbuat dari Dubur Babi, Ini Isi PesannyaDipastikan kalau kabar cumi calamari terbuat dari dubur babi adalah berita hoax. Foto: World of Buzz

Tak sedikit juga yang mencandai berita hoax ini. Salah satunya menyoroti harga cumi calamari yang terlalu murah. "Siapa yang ingin menjalani bisnis dengan hasil kerugian," kata seorang netizen.

Lalu ada juga yang salah fokus dengan klaim dubur babi. "Mungkin maksud pembohongnya adalah usus babi ya?" sahut netizen. "Saya belum pernah melihat dubur babi sebesar cumi calamari," kata netizen lainnya.



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Woku hingga Cumi Hitam Rica"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)