Mulia! Celebrity Chef Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Pengungsi Ukraina

ADVERTISEMENT

Mulia! Celebrity Chef Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Pengungsi Ukraina

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 03 Mar 2022 15:00 WIB
Mulia! Celebrity Chef Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Pengungsi Ukraina
Foto: Jose Andres/World Central Kitchen
Jakarta -

Masyarakat Ukraina berbondong-bondong mengungsi ke tempat lebih aman demi menghindari serangan Rusia. Celebrity chef ini tak tinggal diam. Dirinya membantu lewat pemberian makanan enak dan gratis.

Serangan Rusia ke Ukraina menyisakan banyak cerita sedih. Tak sedikit pihak luar yang tergerak membantu masyarakat Ukraina demi keselamatan diri mereka.

Salah satunya dilakukan celebrity chef terkenal, Jose Andres. Chef 52 tahun berdarah Spanyol-Amerika ini bahkan mengunjungi wilayah perbatasan Polandia dan Ukraina untuk menyambangi para pengungsi.

Ia dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dikelolanya, World Central Kitchen (WCK) membagikan makanan gratis untuk para pengungsi Ukraina. Mulai dari sup, chicken stew hangat, hingga apple pie untuk mengisi perut mereka.

Mengutip Channel News Asia (2/3/2022), WCK bahkan sudah menyajikan lebih dari 35 ribu porsi makanan di Polandia, Romania, Moldova, dan Hungaria. Semua kegiatan positif yang dilakukan chef Jose Andres juga bisa dilihat di media sosialnya.

Mulia! Celebrity Chef Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Pengungsi UkrainaMelalui Twitternya, chef Jose Andres mengajak agar orang-orang bersatu membantu Ukraina. Foto: Jose Andres/World Central Kitchen

Pada Sabtu, 26 Februari 2022, ia terlihat mengunggah video singkat di Twitter. "Rakyat Dunia... Seperti Anda, saya bingung melihat Ukraina diserang. Kita harus bersatu sebagai kekuatan untuk kebaikan!" katanya.

Kemudian pada 28 Februari 2022, melalui tagar #ChefsForUkraine, dirinya juga mengabarkan kalau kondisi di perbatasan Ukraina sangat dingin, bahkan di bawah titik beku pada malam hari. "Saya bertemu banyak sekali pengungsi, keluarga yang melarikan diri dan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Kami akan berusaha sebaik mungkin agar mereka tidak bersedih," kata chef resto berbintang Michelin ini.

WCK sendiri sudah mendirikan stasiun di titik keluar dari Ukraina. Chef Jose Andres menambahkan kalau WCK rencananya bakal menyediakan makanan di fasilitas pengungsi yang ada di negara-negara tetangga. Pihaknya bahkan ingin membangun dapur komunitas di Ukraina setelah pertempuran berhenti.

Selain itu, di perbatasan Rava-Ruska dan Shehyni, WCK telah bermitra dengan biarawati Caritas untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi. Organisasi ini juga mengharapkan bantuan tambahan dari PBB dan Program Pangan Dunia.

Mulia! Celebrity Chef Ini Bagikan Makanan Gratis untuk Pengungsi UkrainaProses pembuatan makanan oleh World Central Kitchen untuk dibagikan ke pengungsi Ukraina. Foto: Jose Andres/World Central Kitchen

Terbaru, pada 1 Maret 2022, chef Jose Andres memperlihatkan usaha timnya di Moldova yang sedang melayani para pengungsi Ukraina di Bandara Chisinau. Mereka menyediakan pasta dengan ayam panggang, salad tomat, dan roti dan restoran-restoran setempat.

Kegiatan mulia yang diinisiasi chef Jose Andres melalui WCK bukanlah kali pertama. Sebelumnya ia juga sering melakukan kegiatan kemanusiaan di lokasi konflik atau bencana. Pada 2015, chef Jose Andres bahkan dianugerahi National Humanities Medal oleh pemerintah Amerika Serikat atas kerja kerasnya bersama WCK.

Simak Video 'Presiden Ukraina: Kami akan Usir Tentara Rusia dengan Rasa Malu!':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT