10 Makanan Khas Ukraina yang Menarik Dicoba, Ada Jelly Kaki Babi!

ADVERTISEMENT

10 Makanan Khas Ukraina yang Menarik Dicoba, Ada Jelly Kaki Babi!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 01 Mar 2022 12:00 WIB
10 Makanan Khas Ukraina yang Menarik Dicoba, Ada Jelly Kaki Babi!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska
Jakarta -

Makanan khas Ukraina begitu menarik dicoba. Jenisnya beragam, mulai dari sup bit hingga jelly kaki babi. Begini keunikannya.

Ukraina tengah jadi sorotan karena diserang Rusia. Negara di timur Eropa ini sesungguhnya menyimpan banyak hal menarik, termasuk budaya kulinernya.

Chef's Pencil (8/5/2019) menjelaskan makanan tradisional khas Ukraina mungkin jarang ditemukan di restoran di sana, namun makanan ini mudah ditemukan di rumah-rumah warga sana ketika mereka menyajikan hidangan spesial bagi tamu.

Makanan ini jenisnya sangat beragam. Beberapa di antaranya dipengaruhi masakan Turki, Polandia, dan Tatar Krimea. Masing-masing punya keunikan, inilah 10 makanan khas Ukraina yang menarik dicoba:

1. Paska

Paska adalah roti Paskah adalah makanan khas Ukraina yang paling populer. Banyak warga Ukraina tergolong religius sehingga mereka selalu menghidangkan roti paska dengan garam pada tamu.

Paska biasanya dimasak tepat sebelum Paskah. Kemudian di pasar-pasar seluruh negeri, paska banyak dijual terutama saat musim liburan. Menurut tradisi setempat, ketika seseorang membuat adonan roti paska, sebaiknya ia membisikkan hal-hal positif agar hasil rotinya nanti enak.

2. Borscht

10 Makanan Khas Ukraina yang Menarik Dicoba, Ada Jelly Kaki Babi!Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska

Makanan khas Ukraina selanjutnya berwarna merah cantik. Inilah borscht yang merupakan sup bit hangat yang dimasak bersama sour cream atau yogurt klasik.

Biasanya borscht disajikan dengan donat bawang putih. Borshct tersedia sepanjang waktu di banyak rumah warga Ukraina. Mulai dari ketika libur, hari biasa, dan bahkan saat hari pemakaman.

3. Varenyky

Berbentuk mirip pastel, Ukraina punya varenyky yang di dalamnya bisa diisi beragam bahan. Salah satu yang paling dasar adalah isi keju cottage, mashed potato, atau sauerkraut. Sementara yang unik ada isian zaitun, labu, dan bahkan stroberi.

Selain dibuat langsung, varenyky bisa dibeli dalam versi jadi dan mentah di supermarket Ukraina. Menyiapkannya praktis, hanya butuh sekitar 10 menit.

4. Holubtsi

10 Makanan Khas Ukraina yang Menarik Dicoba, Ada Jelly Kaki Babi!Foto: Getty Images/iStockphoto/Liudmila Chernetska

Holubtsi pada dasarnya adalah hidangan kol gulung isi khas Ukraina. Isiannya bisa daging, nasi, dan sayuran lain. Selain kol, sebenarnya orang Ukraina juga menggunakan daun bit, selada, atau bayam sebagai varias.

Kemudian holubtsi dimasak dalam cairan berbeda-beda di beberapa wilayah Ukraina. Ada yang menggunakan kaldu, jus tomat, dan sour cream.

5. Holodets

Makanan khas Ukraina selanjutnya adalah holodets. Berupa cold dish yang mungkin bikin orang asing terkejut. Pasalnya hidangan ini berbentuk mirip jelly atau puding, namun isiannya adalah olahan kaki, tulang, hingga kulit babi.

Kaki babi dibersihkan dan direbus sekitar 6-7 jam sampai benar-benar empuk. Barulah kemudian dicampurkan kuah kaldu dan dibikin jelly, lengkap dengan tulang rawannya.

Informasi seputar makanan khas Ukraina masih ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT