6 Tips Menyimpan Sayur hingga Daging Agar Lebih Awet

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 10:00 WIB
6 Tips Menyimpan Sayur hingga Daging Agar Lebih Awet
Foto: Getty Images/iStockphoto/Szakaly
Jakarta -

Menyimpan makanan perlu trik agar awet dan segar lebih lama. Mulai dari sayuran, daging hingga rempah-rempah bisa lebih awet kalau disimpan dengan mengikuti ini.

Menyimpan makanan menjadi rumit jika tidak memahami betul jenis-jenis bahan dan cara penyimpanannya. Jika salah, hal ini akan menimbulkan kerugian yang buruk bagi makanan.

Makanan yang disimpan dengan langkah yang salah akan lebih cepat busuk dan tidak bisa bertahan lama. Ada langkah-langkah yang ternyata perlu dilakukan berdasarkan jenis bahan makanan yang ingin disimpan.

Penggunaan wadah yang rapat serta tempat penyimpanan yang tepat ternyata menjadi kunci sebuah bahan makanan bisa disimpan dengan baik dan awet hingga waktu yang panjang. Ada enam trik yang bisa kamu ikuti untuk menyimpan berbagai bahan makanan secara tepat.

Baca juga: Ampuh! 5 Minuman Rempah Alami untuk Turunkan BB dengan Cepat

Berikut ini 6 tips menyimpan bahan makanan agar lebih awet menurut World of Buzz (31/1):

6 Tips Menyimpan Sayur hingga Daging Agar Lebih AwetMenyimpan sayuran hijau ternyata dianjurkan untuk menggunakan tisu untuk menjaga agar tak layu. Foto: Getty Images/iStockphoto/Szakaly

1. Menyimpan sayuran hijau

Untuk menyimpan sayuran hijau terutama yang memiliki daun lebat ternyata ada cara untuk menjaga kesegaran daunnya itu sendiri. Kebanyakan orang melakukan kesalahan yang membuat daun cepat layu atau bahkan berlendir dan busuk.

Caranya, siapkan satu buah wadah dan di bagian bawahnya lapisi dengan tisu dapur yang mampu menyerap air dengan baik. Setiap harinya ganti tisu secara berkala dan sayuran berdaun akan tahan kesegarannya hingga satu minggu.

2. Menyimpan daging mentah

Cairan yang keluar dari daging mentah jika tidak diatasi akan menjadi media penyebaran bakteri yang cepat. Jika disimpan tanpa wadah, cairan dari daging sapi maupun daging ayam segar akan mengotori kulkas dan membuat semua makanan di dalamnya lebih cepat busuk.

Biasakan untuk selalu menyimpan daging segar dalam wadah atau kontainer yang tertutup. Lebih disarankan untuk menggunakan kontainer berbahan kaca agar saat dicairkan daging bisa lebih cepat cair dan wadahnya lebih mudah untuk dibersihkan setelah dipakai.

Baca juga: Tom Holland Sebut Nasi Goreng Indonesia Makanan Terenak di Dunia



Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]