Cicip Lenjongan di Pasar Bali, Bule Jerman Ini Ketagihan!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 28 Feb 2022 16:00 WIB
Bule Cicip Lenjongan di Pasar Bali
Foto: YouTube Lehmann Vlogs
Jakarta -

Bule Jerman ini sudah cukup lama tinggal di Bali. Ia juga sudah banyak mencicipi makanan khas Indonesia, termasuk jajanan pasar bernama lenjongan.

Makanan khas Indonesia sangatlah beragam. Mulai dari jajanan tradisional hingga lauk yang bercita rasa rempah.

Keragaman makanan Indonesia ini ternyata menarik perhatian para bule di Bali, termasuk bule asal Jerman ini. Lewat vlog yang dibagikan oleh Mark Lehmann (20/2), ia terlihat mengunjungi sebuah pasar tradisional di Bali dan membeli jajanan manis.

Jajanan manis tradisional yang dibeli oleh Lehmann adalah lenjongan. Jajanan ini sebenarnya berasal dari Solo, Jawa Tengah, berupa jajanan pasar yang mayoritas isinya terbuat dari singkong.

Bule Cicip Lenjongan di Pasar BaliBule Cicip Lenjongan di Pasar Bali Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Baca Juga: Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya

Lenjongan memiliki isi yang beragam dan warna-warni. Terdiri dari sawut, tiwul, cenil, getuk, klepon, grontol, dan lainnya. Lalu disajikan dengan kelapa parut yang gurih dan lelehan gula Jawa (gula aren).

Lenjongan ini biasanya ditawarkan oleh penjual di pasar tradisional. Ternyata lenjongan tak hanya ditemui di Solo saja, tapi tersedia juga di Bali.

Lehmann membeli seporsi lenjongan di pasar tradisional tersebut dan mencicipinya. Saat akan membeli seporsi lenjongan dengan harga Rp 20.000, ia bertemu warga lokal yang membantunya dalam menjelaskan tentang lenjongan.

Bule Cicip Lenjongan di Pasar BaliBule Cicip Lenjongan di Pasar Bali Foto: YouTube Lehmann Vlogs

Baca Juga: Unik! Gerai McD Ini Jual Es Krim Daun Ketumbar yang Menyengat Aromanya

"Itu seperti bubur tapi terutama dibuat dari tepung beras. Kebanyakan terbuat dari tepung beras dan juga pandan," ujar warga lokal Bali yang ditemui oleh Lehmann.

Lehmann mencoba lenjongan itu untuk pertama kalinya. Pada suapan pertama, sensasi manis langsung dirasakan oleh lidahnya.

"Wow, ini sangat manis tapi sangat enak. Saya merasakan kelapa dan gula aren tentu saja. Teksturnya sangat lengket, tapi tidak begitu buruk," kata Lehmann.

Bule Cicip Lenjongan di Pasar BaliBule Cicip Lenjongan di Pasar Bali Foto: YouTube Lehmann Vlogs

"Ini sangat berbeda dengan kue Jerman," ungkapnya.

Menurut Lehmann, cita rasa lenjongan ini secara keseluruhan mirip. Bagian yang paling membuat jajanan ini enak adalah tambahan kelapa parut dan gula merahnya.

DetikFood telah menghubungi Lehmann untuk meminta pendapatnya tentang beragam makanan Indonesia yang pernah ia cicipi. Namun, bule Jerman ini belum membalasnya.

Baca Juga: Ini 5 Nasi Campur Medan Lauk Babi Panggang yang Renyah di Jakarta



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)