Dua Tahun Beli Makanan Diskon, Wanita Ini Bisa Nabung Rp 192 Juta

ADVERTISEMENT

Dua Tahun Beli Makanan Diskon, Wanita Ini Bisa Nabung Rp 192 Juta

Devi Setya - detikFood
Selasa, 01 Mar 2022 13:30 WIB
Beli Makanan Diskon
Foto: Metro
Jakarta -

Seorang wanita di Skotlandia berhasil mengumpulkan uang hingga Rp 192 juta dengan cara menghemat belanjaan. Selama dua tahun, ia hanya membeli makanan diskon.

Sebagai pengatur keuangan rumah tangga, setiap ibu harus punya trik cerdas untuk menghemat pengeluaran. Ada banyak tips dan trik yang dilakukan para ibu agar bisa menyisihkan sebagian uang belanja untuk ditabung.

Dilansir dari Metro (25/2) ibu dua anak di Skotlandia memiliki cara unik untuk berhemat. Selama kurang lebih dua tahun, ia memilih produk makanan diskon ketika belanja di supermarket.

Wanita bernama Jamie Tait ini berhasil memangkas pengeluaran belanja mingguannya hingga 50 persen. Ia memilih untuk membeli makanan diskon, meskipun kualitasnya tidak sebagus produk segar tetapi makanan diskon ini masih layak konsumsi.

Sebelumnya, Jamie selalu menghabiskan pengeluaran antara £170 hingga £200 (Rp 3,2 juta hingga Rp 3,8 juta) dalam seminggu untuk belanja makanan. Menyadari uang belanjanya sangat besar, Jamie dan suaminya memutar otak untuk bisa berhemat.

Sekarang, biaya belanja mingguannya hanya sekitar £70 (Rp 1,3 juta).

Jamie dan suaminya yang sama-sama bekerja ini ikut terdampak pandemi Covid-19. Mereka mengalami pengurangan gaji yang membuatnya harus lebih berhemat. Setelah menerapkan cara hemat belanja ini, Jamie dan sang suami menyadari bahwa sebelumnya mereka sangat boros.

"Ketika pandemi melanda, suami saya dan saya sama-sama menerima pengurangan gaji dalam jumlah besar, tetapi kami terkejut melihat betapa banyak uang yang kami keluarkan," kata Jamie. "Belanja mingguan kami terlihat sangat besar. Kami bahkan mendatangi beberapa supermarket yang ternyata membuat pengeluaran semakin boros."

Sejak pandemi ini, Jamie mengatakan hanya membeli makanan dengan label berwarna kuning alias produk diskon. Jamie juga membeli lemari es untuk menyimpan stok makanan.

Jamie akan membeli produk diskon setiap minggu seperti ikan, ayam, makanan panggang, serta buah dan sayuran. Ibu dua anak ini juga menyambangi beberapa supermarket untuk mendapatkan produk yang harganya lebih murah.

Produk makanan diskon ini biasanya sudah mendekati masa kedaluwarsa namun selama kualitasnya masih bagus, Jamie akan tetap mengolahnya menjadi masakan enak.

"Buah dan sayuran segar juga sebenarnya bertahan lama. Orang-orang selalu begitu cepat membuang barang-barang karena tanggal kedaluwarsa. Asal disimpan dengan baik, semua akan aman dimakan dan rasanya enak," ujar Jamie.

Beli Makanan DiskonBeli Makanan Diskon Foto: Metro

Selain berhemat dengan membeli produk makanan diskon, keluarga Jamie juga memangkas pengeluaran untuk makan di restoran.

"Saya telah membuktikan bahwa sejak saya mulai berbelanja produk diskon, kami semua makan lebih sehat dan saya bahkan berhasil menurunkan berat badan hingga 7 pon (3 kilogram)," ujar Jamie.

Dengan uang yang ditabung ini, Jamie mengatakan tengah berencana merenovasi rumahnya. "Ini adalah tujuan saya tahun ini yakni merenovasi rumah. Sesuatu yang tidak bisa saya lakukan jika kami tidak berhemat belanja," pungkas Jamie.



Simak Video "Keliling Pasar Jatinegara, Ada Apa Saja Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT