ADVERTISEMENT

Pamer Uang Belanja Murah

Trik Belanja Hemat ala Anak Kos hingga Emak-emak

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Feb 2022 15:00 WIB
Hemat Banget! Wanita Ini Hanya Habiskan Rp 700 Ribuan untuk Belanja Sebulan
Foto: instagram @feti_ira36
Jakarta -

Mengatur pengeluaran untuk belanja bukanlah perkara mudah, apalagi saat bahan makanan harganya tinggi. Tapi ada orang-orang yang punya trik jitu untuk belanja murah.

Belanja bahan makanan mau tak mau harus dilakukan secara rutin. Ada yang memilih untuk belanja harian, mingguan ataupun belanja bulanan.

Budget belanja setiap orang tentu saja berbeda, ada yang murah namun ada juga yang mahal tergantung bahan makanan dan jumlah yang dibeli. Setiap ibu pastinya ingin menyiasati berbagai cara untuk menekan budget belanja namun tetap menyajikan makanan enak untuk keluarganya.

Ada beberapa orang yang membagikan pengalaman belanja hemat dengan budget terbatas. Bukan hanya kalangan ibu rumah tangga, bahkan anak kost pun bisa melakukan trik hemat belanja murah.

Hemat Banget! Wanita Ini Belanja Sayuran Rp 50 Ribu Untuk SemingguTips belanja hemat Foto: instagram @gita_marshella

Sebut saja misalnya ibu bernama Sauva Ardovani yang sering membagikan harga belanjaannya. Lewat Instagrammya ia membeberkan menu masakan dengan budget belanja Rp 11 ribu saja. Dengan uang ini ia bisa membeli bayam, telur, tahu dan sayur sop yang nantinya akan dimakan 2 orang dewasa dan 4 anak.

Ada juga momen belanja mingguan yang hanya menghabiskan budget kurang dari Rp 100 ribu. Sauva menunjukkan daftar belanjaan lengkap dengan harganya. Meskipun murah, ia tetap bisa menghadirkan menu enak dan sehat untuk keluarga. Lauknya pun ada ayam, ikan hingga telur.

Ada juga Reny Januari yang banjir pujian karena sering membagikan tips dan trik belanja hemat. Ia mencoba menjabarkan menu makanan dan daftar belanja hariannya. Meskipun murah, Reny terbilang kreatif karena bisa memasak makanan dengan aneka bumbu lezat.

Bukan hanya dari kalangan ibu rumah tangga. Trik belanja hemat juga diterapkan oleh anak muda, termasuk anak kost seperti pengguna akun Tiktok @wawsabi yang akrab disapa Asa.

Asa selalu menunjukkan tips belanja murah ala anak kost. Biaya makannya selama seminggu tak lebih dari Rp 100 ribu. Ia juga bisa memasak makanan sehat dan lengkap yang terdiri dari lauk, sayur serta menu pelengkap. Tak jarang Asa juga membeli buah sebagai sumber asupan vitamin bagi tubuhnya.

Di Indonesia banyak yang membagikan pengalaman serta trik belanja murah. Ternyata di luar negeri pun sama, ada banyak orang yang menyiasati belanja makanan murah.

Jerome Polin dan teman-temannya punya trik belanja murah saat tinggal di Jepang. Ia sengaja datang ke supermarket pada malam hari untuk mendapatkan potongan harga makanan.

belanja hematbelanja hemat Foto: instagram @dapurkecilmungil

Lain lagi mahasiswa di Inggris bernama Jordan Vidal yang berhasil menabung hingga £3.000 (Rp 59 juta) karena berhemat untuk biaya makan selama 2 tahun.

Setiap orang memiliki trik belanja makanan masing-masing untuk menghemat pengeluaran. Sisa uang belanja ini bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya ataupun untuk ditabung.

DetikFood mengulas deretan tips dan trik belanja murah yang dilakukan orang-orang. Trik belanja hemat ini yang dipamerkan anak kos hingga emak-emak bisa dijadikan inspirasi untuk menghemat pengeluaran. Simak kisah belanja hemat selengkapnya.



Simak Video "Menjajal Kuliner Khas Makassar yang Jadi Favorit Pilot dan Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT