Emak-emak Ini Tunjukkan Lauk Masakan dengan Modal Rp 5.000

ADVERTISEMENT

Emak-emak Ini Tunjukkan Lauk Masakan dengan Modal Rp 5.000

Devi Setya - detikFood
Jumat, 18 Feb 2022 11:00 WIB
belanja murah
Foto: TikTok @sagitarius
Jakarta -

Ternyata banyak masakan yang bisa dibuat dengan uang seadanya. Seperti emak-emak yang tunjukkan lauk masakan enak untuk keluarganya hanya dengan uang Rp 5.000 saja.

Banyak ibu-ibu curhat soal uang belanja yang tak cukup untuk membuat masakan keluarga. Namun ada juga yang punya trik pintar berhemat hingga bisa mengolah masakan enak meskipun dengan uang seadanya.

Seperti menu masakan yang ditunjukkan pengguna akun Tiktok @sagitarius. Ia mengunggah dua menu masakan yang dibuat dengan uang tak lebih dari Rp 5.000 saja.

"Uang 5.000 di mata istri yang tepat," kata pengguna akun TikTok ini.

Emak-emak Ini Tunjukkan Lauk Masakan dengan Modal Rp 5.000Emak-emak Ini Tunjukkan Lauk Masakan dengan Modal Rp 5.000 Foto: TikTok @sagitarius

Dalam video yang diunggah Selasa (15/2) ini diperlihatkan kalau ia memasak menu berbahan dasar tahu. Tahu putih yang dihaluskan ini kemudian ditumis dengan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Bumbu penyedapnya cukup garam.

Dalam video lainnya juga ditunjukkan menu masakan dengan modal Rp 4.000. Dengan uang Rp 4.000 ia bisa membuat tumis sawi dengan tahu. Menu ini memang cukup simpel dan bisa dibuat dengan uang belanja seadanya.

Ternyata inspirasi menu masakan murah ini mengundang ribuan netizen untuk berkomentar. Banyak yang pro dan kontra soal budget belanja yang super minim ini.

Netizen ada yang menganggap terlalu pelit, dan tak sedikit yang menganggap emak-emak ini tak sayang dengan keluarganya karena masak makanan super sederhana.

"Menjaga kewarasan itu penting.jgn terlalu perhitungan untuk badan dmi tujuan yg lain. Tubuh kita layak dpt yg terbaik,krn dia sdh bkerja keras untuk kita," kata netizen.


"Kalau mau hemat jangan dari makanan utk keluarga dikurangi, bisa ngurangi dr shopping, liburan, have fun sm teman2," saran netizen lain.

"Uang 4000 ga dpt apa2 bun, kdg abis 30rb aja udh paling sedikit bngt aku, biasanya bisa 60-70 buat lauk pauk sayur dirumah," curhat ibu yang membeberkan biaya belanjanya.

Ketika dikonfirmasi DetikFood (17/2) wanita bernama Lasmi ini mengatakan kalau menu masakan yang ia buat dengan uang Rp 4.000 dan Rp 5.000 hanyalah konten semata. Ia setiap hari membuat masakan dengan lauk yang layak untuk keluarganya.

"Ya nggak sawi semua (masaknya). Ada juga aku masak ikan cumi banyak juga. Tapi kita gak selamanya di atas apalagi buat buruh yg mangandalkan gaji bulanan..ada saatnya tanggal tua," kata Lasmi.

Jika melihat video masakan Lasmi memang terlihat kalau ia hobi masak. Beragam masakan pernah ia buat mulai dari nasi goreng daun kencur, pepes ikan mas, lotek hingga ikan kembung dengan pelengkap sambal setan.



Simak Video "Bikin Laper: Nggak Ada Lawan! Laksa Kwetiau Ini Creamy Sedap"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT