ADVERTISEMENT

Wanita Indonesia Ini Tunjukkan Harga Kangkung di Amerika Rp 136 Ribu

Devi Setya - detikFood
Selasa, 08 Feb 2022 18:30 WIB
Wanita Indonesia Ini Tunjukkan Harga Kangkung di Amerika  Rp 136 Ribu
Foto: Instagram @susifatimah_
Jakarta -

Di Indonesia harga kangkung dan ikan asin terbilang murah, di pasar pun tersedia banyak. Tapi lain ceritanya saat di Amerika Serikat. Harga kangkung bisa mencapai Rp 136 ribu per ikat.

Lahir dan tinggal lama di Indonesia membuat siapapun pasti sulit jauh dari makanan Indonesia. Seperti seorang wanita bernama Susi Fatimah yang kini tinggal di Amerika Serikat. Ia mengaku kesulitan mencari bahan makanan Indonesia.

Lewat Instagrammya @susifatimah_, ia menceritakan pengalamannya saat mencari bahan makanan Indonesia di Amerika Serikat. Wanita yang akrab disapa Susi ini beberapa kali mengunggah foto bahan makanan Indonesia yang dibanderol dengan harga mahal di Amerika Serikat.''

Wanita Indonesia Ini Tunjukkan Harga Kangkung di Amerika  Rp 136 RibuSusi Fatimah, wanita Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat Foto: Instagram @susifatimah_

Baru-baru ini Susi berbagi cerita saat ia ke supermarket China bernama Great Wall di Virginia demi menemukan kangkung. Di sini ia melihat kangkung segar yang dijual dengan harga $9.46 (Rp 134 ribu) per ikat.

Selain kangkung, Susi juga menemukan buah manggis di supermarket ini. Harganya tak kalah fantastis, manggis dibanderol $13 (Rp 187 ribu) untuk setengah kilogram.

"Masih nyesek harga satu ikat kangkung $9.46 (Rp 134 ribu), dikejutkan lagi harga manggis di sini $13 per pound," ujar Susi pada instagram storynya (7/2).

Selain menunjukkan harga kangkung dan manggis, Susi juga sedikit bercerita soal supermarket China yang ia sambangi ini. Di sini semua produk makanan China tersedia lengkap. Ada juga beberapa produk asal Indonesia namun jumlahnya tak banyak.

Wanita Indonesia Ini Tunjukkan Harga Kangkung di Amerika  Rp 136 RibuHarga Kangkung di Amerika Rp 136 Ribu Foto: Instagram @susifatimah_

"Setelah keliling satu store semalam, cuma ada tiga produk Indonesia yang dijual di sini; kecap dan saus ABC sama Indomie kuah rasa ayam aja," lanjut Susi.

Ia juga memberi saran untuk berhati-hati bagi muslim yang berbelanja di sini karena banyak produk yang mengandung daging babi. Jadi sebelum membeli sebaiknya perhatikan daftar komposisi yang tertera pada kemasan.

"Belanja di sini harus teliti dan pasang mata fokus, karena salah lihat bisa repot. Semalam beberapa kali mau ambil barang, ternyata pas dibaca terbuat dari pork. Susah bedakan bakso sapi dan pork, bentuk dan warna sama. Ditata di freezer pun berdampingan," beber wanita yang tinggal di Alexandria, State Virginia ini.

Ketika dihubungi detikFood (8/2) Susi mengatakan kalau beberapa makanan Indonesia memang sulit ditemukan di Amerika Serikat, termasuk kangkung.

"Utk kangkung memang langka, ga semua supermarket asia ada. Apalagi supermarket amerika, udah pasti ngga ada. Aku baru nemu kangkung di toko asia namanya Hung Phat disana harganya 5 dollar (Rp 71 ribu) utk 1 ikat kangkung. Kalo yg di Great Wall satu ikat $9,46 (Rp 134 ribu) lebih mahal lagi," kata Susi kepada DetikFood.

Wanita Indonesia Ini Tunjukkan Harga Kangkung di Amerika  Rp 136 RibuHarga makanan Indonesia di Amerika Foto: Instagram @susifatimah_

Susi juga mengatakan kalau harga kangkung di Amerika Serikat lebih mahal daripada harga ayam potong halal. Untuk 6 potong ayam biasa hanya dibanderol $3-4 atau sekitar Rp 43 ribu hingga Rp 57 ribu.

Bukan hanya kangkung dan manggis saja yang mahal, beberapa makanan lain yang biasanya di Indonesia murah meriah juga dibanderol mahal di Amerika. Seperti mie instan, ikan asin dan cabai.

"Ikan asin juga lumayan mahal kmrn aku lihat $10 (Rp 144 ribu) isinya cuma 6 ukuran kecil. Oiya satu lagi, cabe disini jg lumayan, harga satu box kecil harganya sekitar 4,46 dollar (Rp 64 ribu)," pungkas Susi.



Simak Video "Tips Mengolah Kangkung yang Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT