Gerai Ini Jual Martabak Aceh Isi Ikan Lele Utuh, Seperti Ini Tampilannya

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 24 Feb 2022 16:00 WIB
Martabak lele
Foto: TikTok @yessboss225
Jakarta -

Berbeda dari yang lain, sebuah gerai martabak di Aceh ini menawarkan varian martabak unik. Martabaknya diisi dengan satu ekor ikan lele segar utuh.

Martabak Aceh merupakan salah satu kuliner populer. Sekilas tampilannya mirip seperti martabak telur biasa, tetapi proses pembuatan martabak Aceh ini berbeda.

Martabak Aceh dibuat seperti martabak telur, kulit martabak diisi dengan telur yang dikocok dengan irisan daun bawang. Biasanya, camilan ini enak dimakan dengan acar bawang merah dan cabe rawit.

Namun, gerai bernama Warung Ata Waly yang berlokasi di Kota Pidie Jaya, Kecamatan Trienggadeng, Aceh ini menawarkan martabak Aceh yang unik. Martabaknya diisi dengan satu ekor ikan lele segar utuh.

Baca Juga: Sluuurp! 5 Mie Aceh Pedas Berempah Bisa Dinikmati di Sini

Martabak leleZulfikar tampak sibuk membuat martabak lele Foto: TikTok @yessboss225

Martabak ikan lele itu kemudian viral setelah diunggah melalui akun TikTok si penjual @yessboss225 (22/02). Di video tersebut terlihat si pemilik gerai sedang membuat martabak lele.

Pertama, ia menaruh kulit martabak di atas wajan. Kemudian, ditaruh ikan lele utuh, baru kemudian dibalut dengan telur. Banyak netizen yang bergidik, karena ikan lele tersebut belum dimasak sama sekali.

"Itu matang gak sih lelenya? kalau nungguin matang apa telurnya gak gosong duluan?," tulis netizen di kolom komentar.

"Aku yang goreng lele pakai minyak banyak kadang kurang matang. Apa kabar cuman dibuat kayak gitu?," tulis netizen lainnya.

Kepada detikFood (24/02) Zulfikar selaku pemilik warung mengatakan bahwa menu martabak lele itu berawal dari seorang pengunjung yang membawa ikan lele dan minta diolah di martabak.

Martabak leleMartabak lele ini dimasak selama 25 menit sehingga ikannya matang Foto: TikTok @yessboss225

"Itu lelenya bawa sendiri, kita gak nyediain lele di sini. Mereka bawa sendiri terus saya masakin," ujar Zulfikar.

Menanggapi pertanyaan netizen, Zulfikar menegaskan bahwa ikan lele yang dimasak pada martabak itu dimasak selama 25 menit hingga matang, tetapi tidak membuat telur gosong duluan.

"Ya matang lah, dimasak 25 menit itu matang. Kalau pakai lele goreng malah rasanya kurang enak," tutur Zulfikar.

Baca Juga: Gurih Pedas Martabak Aceh untuk Camilan Malam

Martabak lele tersebut kemudian dimakan dengan cocolan sambal kecap. Seporsinya martabak lele ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 30.000-an, tapi itu tergantung ukuran lelenya.

Martabak leleMartabak lele ini dimakan pakai sambal kecap Foto: TikTok @yessboss225

"Kalau harganya tergantung besarnya ikan. Kalau lel Rp 10.000, tambah telor 2 tambah kecap jadi Rp 30.000," ujar Zulfikar saat dihubungi detikFood.

Sebelumnya warung Ata Waly milik Zulfikar ini juga sempat viral lantaran menawarkan menu martabak kepiting. Tak disangka martabak kepitingnya itu berhasil menarik perhatian orang.

Zulfikar mengatakan bahwa ia sempat terpikirkan untuk membuat martabak dari berbagai jenis ikan, tetapi belum ada yang cocok rasanya. Namun, martabak lele buatannya itu menurutnya pas.

Baca Juga: Enaknya Ngemil Martabak Aceh dengan Kuah Kari di Sini



Simak Video "Nyam! Nikmatnya Martabak Udang Buat Hati Girang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)