Unik! Kentang Goreng Panjang 30 Cm Ini Disajikan dengan Saus 'Pelangi'

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Feb 2022 14:00 WIB
Kentang Goreng Panjang 30 Cm
Foto: Metro
Jakarta -

Camilan kentang goreng di Thailand ini punya bentuk unik. Adonan kentang goreng ini dibentuk panjang kemudian disajikan dengan saus pelangi yang warna-warni.


Banyak sekali olahan kentang goreng yang berhasil menggoda selera. Selain bisa diolah menjadi keripik, kentang juga sering dijadikan stik kentang yang renyah gurih.

Camilan stik kentang biasanya memiliki panjang seukuran jari telunjuk, disajikan dengan bumbu bubuk aneka rasa ataupun dengan cocolan saus dan mayonaise. Tapi di Thailand ada stik kentang yang panjangnya mencapai 30 sentimeter.

Kentang Goreng Panjang 30 CmKentang Goreng Panjang 30 Cm Foto: Metro

Dilansir dari Metro (18/2) sebuah jajanan kaki lima di Bangkok punya tampilan menarik. Stik olahan kentang ini sengaja dibuat dengan panjang 12 inci atau sekitar 30 sentimeter. Bukan hanya menarik perhatian dengan panjangnya, camilan ini juga dilapisi saus warna-warni.

Untuk membuat camilan ini, kentang lebih dulu dibuat adonan dan kemudian ditekan dengan alat khusus. Selanjutnya camilan ini digoreng dalam minyak panas dan banyak. Diperlukan wajan khusus untuk menggoreng kentang ini agar bentuknya tetap panjang namun bisa matang merata.

Setelah matang, kentang ini diberi saus pelangi. Ada enam pilihan saus dengan warna berbeda, sebenarnya semua saus ini berbahan dasar keju yang diberi tambahan perasa.

Saus berwarna ungu memiliki rasa keju taro, saus merah muda untuk rasa keju BBQ, sementara saus kuning untuk rasa keju original dan saus oranye untuk rasa keju pizza. Ada juga saus dengan rasa jagung bakar dan paprika.

Kedai jajanan kaki lima bernama Overlong Yujin ini mematok harga 59 baht atau sekitar Rp 26 ribu untuk satu porsi camilan kentang ini. Harga yang cukup terjangkau karena porsinya yang banyak.

Sang pemilik, Khun Yujin mengatakan ia menjual camilan kentang panjang ini setelah mendapat ide dari liburannya ke Jepang beberapa waktu lalu. Yujin yang membuka kiosnya mulai pukul 6 sore hingga 12 tengah malam ini mengaku senang banyak orang menyukai kentang goreng buatannya.

"Saya mulai membuat kentang goreng baru-baru ini dan langsung menjadi populer karena dianggap unik," kata Yujin. "Kentang ini panjang sehingga pelanggan dapat menambahkan banyak saus berbeda di atasnya. Mereka suka mencoba semuanya."

Sebenarnya camilan kentang goreng panjang seperti ini sudah banyak dibuat dan dijual, termasuk di Indonesia. Ada beberapa penjual kaki lima yang menawarkan kentang goreng dengan nama 'long potato' ini. Namun saus yang jadi pelengkapnya biasanya hanya saus keju biasa.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kentang Goreng ala Restoran Fast Food"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)