Viral Foto Menu Makanan Jadul yang Serba Murah, Netizen Langsung Iri

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 22 Feb 2022 19:00 WIB
Viral Foto Menu Makanan Jadul yang Serba Murah, Netizen Langsung Iri
Foto: Twitter/Site News
Jakarta -

Viral foto menu makanan di era 70 hingga 80an. Netizen langsung iri lihat harganya yang sangat murah, dibandingkan harga makanan sekarang.

Di tahun 1970-1980, harga makanan sangat murah dibandingkan era sekarang. Tak heran setiap kali menu makanan dari masa lalu muncul ke permukaan, banyak netizen yang terkejut dan terheran-heran bagaimana dulu harga makanan bisa sangat murah.

Seperti foto menu makanan yang dibagikan oleh akun Twitter @NamanyaDagang (22/02). Akun ini membagikan foto berisi tiga pemuda dengan gaya pakaian yang hits di era 70-80an. Ketiganya memegang banner isi menu makanan.

"Dulu bapak gak boros kaya kamu," sindir akun itu.

Di dalam foto tersebut tampak menu makanan dan harganya yang menarik perhatian netizen.

Baca Juga: 10 Potret Jadul Penyajian Makanan di Pesawat, Apa Saja Ya Menunya?" selengkapnya


Seperti harga nasi putih yang hanya berkisar Rp 150 perak saja. Kemudian ada nasi rames harga Rp 400 perak, lalu menu seperti soto babat dan soto ayam harganya hanya Rp 350.

Kalau mau jajan bakso dulu juga tak kalah murah meriah, cukup dengan harga Rp 250 perak saja sudah bisa jajan bakso sapi. Atau jajan ketoprak hingga soto mie yang harganya setara.

Begitu juga dengan menu gado-gado dengan lontong es kelapa muda yang harganya hanya Rp 250 perak. Melihat barisan harga ini, tentu saja banyak netizen yang iri dan terkejut melihat perbandingan harga makanan yang melonjak tajam sekarang.

Viral Foto Menu Makanan Jadul yang Serba Murah, Netizen Langsung IriViral Foto Menu Makanan Jadul yang Serba Murah, Netizen Langsung Iri Foto: Twitter/Site News

"Makanya orang dulu tanahnya banyak. Soalnya hidup irit gak kaya sekarang mau beli tanah aja susah, soalnya biaya hidup udah pada cukup besar," komen @leo**.

"Kalau makanan harganya masih segini semua, mau rekening isi Rp 500 ribu doang juga udah berasa orang kaya," komen @ind**

"Sekarang kalau beli soto babat harga Rp 350 perak, cuma dapet sendok aja kali ya?" tanya @nis** sedih.

Namun ada juga netizen yang berpendapat sebaliknya, bahwa harga makanan murah itu terjadi sebelum adanya inflasi.

"Stop nyama-nyamain harga barang dijaman dulu sama jaman sekarang. Plis lah semuanya udah beda. Jangan dikit-dikit dibilang boros, cuma perihal beli barang yang emang beneran kepake. Kadang capek debat karena hal gini padahal barang itu bener-bener dibutuhin," komen @nadin**.

"Nominalnya kecil, tapi nilainya gede. Kalau dikasih ke orang gak paham, iya katanya apa-apa murah zaman dulu," kritik @kem**.

Ada juga yang membandingan menu makanan di atas, dengan harga makanan di salah satu restoran seafood di Papua.

"Mau hemat gak bisa pak, karena tinggal di Papua," tulis @terda**.

Lengkap dengan menu restoran bernama Rumah Makan Blambangan di daerah Papua. Di mana harga udang goreng biasa saja sudah Rp 600 ribu per posi, sampai menu udang goreng lunch box per porsi harganya Rp 1,2 juta.

Walau dipenuhi pro dan kontra, tapi foto menu makanan jadul ini berhasil viral di Twitter. Disukai lebih dari 21,6 ribu pengguna, dan mendapatkan lebih dari 2,3 ribu retweet.

Baca Juga: Harga Sultan! Jangan Kaget Kalau Makan Mie Ayam di 5 Tempat Ini" selengkapnya



Simak Video "Siomay Dua Putera Mang Ujang, Sehari Ludes Terjual dalam 2 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)