Gegara Makan Makanan Sisa Temannya, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 16:00 WIB
Gegara Makan Makanan Sisa Temannya, Kaki Pria Ini Harus Diamputasi
Foto: Daily Star
Jakarta -

Makan makanan yang dibawa temannya dari restoran, seorang pria harus menelan pil pahit. Beberapa jam setelah menghabiskan makanan tersebut dirinya harus jalani amputasi kaki.

Makanan juga bisa berbahaya bagi kesehatan jika tak dikonsumsi dengan benar. Kesalahan makan makanan dampaknya bisa berujung sangat fatal terutama untuk kondisi tubuh.

Mulai dari keracunan makanan, alergi hingga penyakit-penyakit yang timbul akibat makan secara sembarangan. Sayangnya beberapa orang juga masih banyak yang menyepelekan hal tersebut.

Dibawakan makanan dari restoran oleh temannya, seorang pria dengan lahap menyantap makanan tersebut. Beberapa jam setelah kenyang dirinya justru harus menerima keadaan kehilangan kedua kakinya.

Baca juga: 7 Pola Makan untuk Pasien Omicron Agar Cepat Pulih

Gegara Makan Makanan Sisa Temannya, Kaki Pria Ini Harus DiamputasiMenyantap makanan sisa yang dibawakan temannya dari restoran, kaki pemuda ini mengalami perubahan warna hingga muncul bercak pada kulit. Foto: Daily Star

Mengutip melalui Daily Star (20/2) seorang pelajar pria mengalami sepsis setelah makan makanan sisa yang dibawa oleh temannya dan disimpan semalaman dalam kulkas. Pemuda tersebut diketahui berinisial JC menurut keterangan dari New England Journal if Medicine.

JC mengonsumsi hidangan yang berupa ayam dan mie yang dibawa oleh temannya sepulang dari sebuah restoran. Disimpan semalaman dalam kulkas, JC justru mendadak merasakan kesakitan setelah beberapa jam menyantap makanannya.

JC seketika mengalami demam yang tinggi dan jantungnya berdebar tak karuan. Melihat apa yang terjadi pada JC, teman JC kemudian langsung memanggil pertolongan medis dan membawa JC ke rumah sakit.

Menurut catatan medis, JC tidak memiliki riwayat alergi, masa kecilnya juga mendapatkan vaksin yang lengkap dan jarang minum alkohol. Tetapi kondisinya semakin lama semakin memburuk hingga harus dievakuasi menggunakan helikopter untuk diantar kepada rumah sakit yang lebih lengkap peralatannya.

Baca juga: Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/Jam

Gegara Makan Makanan Sisa Temannya, Kaki Pria Ini Harus DiamputasiLima jam setelah menghabiskan makanannya, dirinya harus menerima kenyataan bahwa kedua kakinya harus menjalani proses amputasi. Foto: Daily Star

"Pasiennya dalam keadaan baik-baik saja sebelumnya, sebelum 20 jam didaftarkan mengalami sakit perut dan gangguan pada rongga hidungnya setelah makan nasi, ayam dan lo mein sisa dari restoran. Lima jam sebelum pendaftaran kakinya mulai membiru dan mengalami perubahan kondisi kulit sampai akhirnya temannya membawa ke unit gawat darurat," ungkap tim medis.

Ternyata setelah melalui beberapa pemeriksaan medis, JC dikonfirmasi mengalami infeksi bakteri agresif yang menyebabkan kegagalan ginjal dan gangguan pada darahnya. Melalui analisa darah, bakteri yang ditemukan positif merupakan bakteri penyebab sepsis.

Tenaga medis percaya bahwa infeksi ini disebabkan oleh bakteri melalui air liurnya. Diperkirakan JC juga melewati vaksinasi meningococcal yang seharusnya didapatkan pada usia 16 tahun.

Lapisan pada jari kakinya benar-benar mengalami kerusakan sehingga satu-satunya jalan keluar adalah amputasi sebagian dari kakinya. Salah satu kakinya ada yang diamputasi beberapa jarinya dan sebelahnya lagi harus diamputasi dari lutut ke bawah. Kejadian ini bahkan juga sempat dibagikan oleh dr. Bernard sebagai kejadian aneh dan bersyukur JC masih bisa diselamatkan.

Baca juga: Penting! Kenali Tanda-tanda Keracunan Makanan



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)