Sate Kambing Tegal Vs Solo

5 Tempat Makan Sate Kambing Tegal di Tangsel yang Gurih Mantap

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 21 Feb 2022 11:30 WIB
Sate Kambing Batibul Bang Awi
Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni
Jakarta -

Makan sate kambing khas Tegal tak perlu jauh-jauh ke Tegal. Di Tangerang Selatan (Tangsel), ada banyak tempat makan sate Tegal yang enak dan autentik.

Berbeda dengan sate kambing ala Madura atau Solo, sate kambing khas Tegal menonjolkan penggunaan daging kambing muda berusia di bawah tiga bulan. Tekstur daging kambing muda ini tentunya lebih empuk dan sama sekali tidak alot.

Selain itu aromanya juga lebih wangi. Nah di Tangsel sendiri ada beberapa tempat makan sate kambing khas Tegal yang wajib untuk dicoba.

Berikut lima tempat makan sate Tegal yang enak di Tangsel:

Baca Juga: Nyuss! Jajan 5 Sate Kambing Muda yang Empuk Juicy di Tangsel" selengkapnya


1. Pondok Sate Tegal Ibu Rita

Sate Kambing Batibul Bang AwiSate Kambing Tegal Foto: detikFood

Berkunjung ke daerah Tangerang Selatan, rasanya tak lengkap jika tidak mampir ke Pondok Sate Tegal Ibu Rita. Di sini juaranya sate kambing khas Tegal yang disajikan di atas hotplate yang mengepul panas.

Di sini menu yang ditawarkan cukup lengkap. Ada sate kambing yang dicampur dengan lemak dan potongan daging. Kemudian ada juga sate kambing tanpa lemak yang empuk. Kalau mau yang lebih populer, bisa coba menu sate kambing murninya.

Selain sate kambing, di sini tersedia sop kambing dengan kuah kaldu bening yang tidak terlalu berlemak. Kemudian tersedia juga sate ayam bagi yang tidak bisa makan sate kambing. Kisaran harganya dari Rp 50.000 saja.

2. Sate Bhaliboel Khas Bojong Tegal

Salah satu yang paling laris dan terkenal di daerah Tangsel, ada Sate Bhaliboel khas Bojong Tegal yang spesialis menyajikan sate kambing. Di sini sate kambingnya cukup populer karena tekstur sate yang empuk.

Tentunya Sate Bhaliboel hanya menggunakan daging kambing muda. Semuanya diberi paduan bumbu dan kecap nikmat.

Selain sate kambingnya yang juara, tersedia juga menu sop kambing, tongseng kambing, sampai sate ayam dan tongseng ayam yang tak kalah enak. Kisaran harganya dari Rp 50.000 saja.

3. Pondok Sate Tegal Ibu Erna

Sama-sama berada di daerah Tangerang Selatan, Pondok Sate Tegal Ibu Erna sudah ada sejak dulu. Banyak pelanggan setianya yang setuju bahwa di sini menyediakan menu sate dan sop khas Tegal yang enak.

Menunya sederhana dan harganya juga tidak terlalu mahal. Di sini satu porsi sate kambing disajikan dengan kecap dan acar. Harganya sekitar Rp 35.000 saja.

Begitu juga dengan gulai kambingnya yang enak sekitar Rp 20.000 saja. Di sini juga menyajikan sate ayam lho.