ADVERTISEMENT

Sate Kambing Tegal vs Solo

4 Warung Sate Kambing Langganan Presiden, dari Soeharto hingga Jokowi

Devi Setya - detikFood
Minggu, 20 Feb 2022 10:00 WIB
Sate Kambing Langganan Presiden
Foto: instagram @satesolo_bejo
Jakarta -

Sate kambing termasuk makanan semua kalangan, bahkan presiden pun suka makan sate kambing. Presiden Jokowi dan Soeharto punya warung sate kambing langganan yang selalu disambanginya.

Presiden Jokowi dikenal sebagai salah satu penggemar berat sate kambing. Ia bahkan punya beberapa warung sate langganan di Solo.

Jenis sate kambing biasa dan sate buntel kerap jadi pilihan ayah dari Gibran, Kahiyang dan Kaesang ini. Tak sendiri, ia juga kerap menikmati sate kambing bersama keluarganya.

Sate kambing dengan daging empuk juicy juga jadi salah satu makanan favorit mantan presiden Soeharto. Soeharto lebih memilih jenis sate buntel sebagai santapan kesukaannya.

Berikut beberapa sate kambing favorit Jokowi dan Soeharto:

1. Sate H. Bejo

Jauh sebelum menjabat sebagai presiden, Jokowi sudah jadi langganan di warung sate H Bejo. Warung sate yang berlokasi di Pasar Kliwon, Solo ini kerap disambangi Jokowi untuk menikmati sate kambing.

Ada dua pilihan olahan sate kambing di sini yakni sate daging biasa dan sate buntel. Keduanya diracik dengan menggunakan kambing muda sehingga teksturnya empuk dan tidak berbau prengus. Selain sate kambing, Jokowi juga gemar menyantap tengkleng kambing.

Saking doyannya dengan sate kambing dan sate buntel racikan H Bejo, Jokowi bahkan menjadikan warung sate ini sebagai rekomendasinya dalam video JKWKULINER edisi Solo yang ditayangkan lewat YouTube. Di video ini terekam sate favorit Jokowi yang disajikan dengan sambal kecap beserta irisan cabai, tomat dan kol.

Sate Kambing Langganan PresidenSate Kambing Langganan Presiden Foto Instagram @satetegal_lakalaka

2. Sate Tegal Laka-laka

Bukan di Solo, warung sate kambing satu ini berlokasi di Bogor, Jawa Barat. Sate kambing Laka-laka berhasil membuat lidah Jokowi ketagihan. Daging kambing yang empuk dan juicy menjadikan sate ini disukai.

Pemilik warung sate Tegal Laka-laka bahkan mengetahui varian sate kambing favorit Jokowi. Menurutnya sate kambing dengan lemak selalu jadi favorit Jokowi karena lebih empuk juicy.

Tak mau menikmati lezatnya sate kambing ini sendirian, Jokowi sering menghadirkan sajian sate kambing ini sebagai sajian makanan saat menggelar acara. Beberapa kali sate Tegal Laka-laka diundang hadir ke istana Bogor untuk menjamu tamu presiden.



Simak Video "30 Tahun Berdiri, Kios Sate Ini Selalu Ramai Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT