7 Cara Membedakan Dendeng Sapi vs Dendeng Babi

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 18 Feb 2022 12:30 WIB
Perbedaan dendeng sapi vs dendeng babi
Foto: iStock
Jakarta -

Dendeng sapi bisa jadi alternatif lauk yang pas. Namun bagi Muslim harus hati-hati, sebab ada dendeng sapi yang dioplos dengan dendeng babi. Ini cara membedakan.

Dendeng adalah lauk yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis menjadi serpihan tanpa lemak. Dendeng populer sebagai lauk favorit di restoran Padang.

Ada dua jenis, yakni dendeng basah dan dendeng kering. Dendeng kering biasanya yang lebih sering dipilih orang, karena dijadikan lauk alternatif makan nasi putih, seperti abon.

Karenanya dendeng kering ada yang dijual dalam kemasan. Namun bagi umat Muslim harus waspada, karena ada dendeng sapi yang mengandung babi. Daging sapi tersebut dioplos dengan daging babi.

Baca Juga: Kejadian Seputar Konsumsi Daging Babi Viral yang Bikin Heboh

Dendeng sapi mengandung babi ini pun pernah marak diperjualbelikan pada 2009 lalu. Dalam hal ini, BPOM sampai memberikan hasil penelitian dan menemukan beberapa merek yang mengandung babi pada saat itu.

Berikut 7 perbedaan dendeng sapi vs dendeng babi:

1. Harga

Perbedaan dendeng sapi vs dendeng babiPerbedaan dendeng sapi vs dendeng babi bisa dilihat pada harganya Foto: iStock

Biasanya dendeng sapi murni 100% harganya relatif lebih mahal. Harga per 100 gram bisa mencapai Rp 20.000 atau Rp 50.000 per 250 gramnya.

Jika ada dendeng dengan harga jauh lebih murah, patut dicurigai dendeng tersebut dioplos dengan daging lain, seperti daging babi misalnya.

Baca Juga: Kriuk Gurih! 5 Babi Panggang Lezat di Jakarta yang Bikin Nagih

2. Kemasan

Perhatikan juga kemasan dendengnya. Pastikan tercantum nomor registrasi BPOM dan tanggal kadaluarsanya. Selain itu, perhatian juga komposisi bahan yang digunakan.

3. Label Halal

Terkadang adanya logo halal pada kemasan bukan jaminan bahwa produk tidak mengandung babi. Supaya tak salah, sebaiknya cek produk yang dibeli ke situs LPPOM MUI apakah produk tersebut sudah tercatat sebagai produk halal atau belum.

4. Tekstur Daging

Perbedaan dendeng sapi vs dendeng babiPerbedaan dendeng sapi vs dendeng babi bisa dilihat pada teksturnya Foto: iStock

Daging babi memiliki tekstur serat yang sedikit lebih halus daripada daging sapi atau bahkan nyaris sama. Daging babi cenderung lebih empuk daripada daging sapi.

5. Warna

Dendeng daging babi sedikit lebih terang dari dendeng daging sapi. Dendeng babi memiliki warna agak cokelat kemerahan.

6. Aroma

Aroma dendeng yang mengandung babi biasanya bau rempahnya lebih tajam. Itu karena sengaja menggunakan ketumbar lebih banyak untuk menyamarkan aroma gurih daging babi.

7. Hasil Akhir

Ketika digoreng dendeng sapi dan dendeng babi dapat dibedakan. Dendeng yang dicampur daging babi aromanya akan menyengat tajam. Selain itu, dagingnya lebih berminyak daripada dendeng sapi.

Baca Juga: Nekat Cicipi Otak Babi, Food Vlogger Ini Ungkap Rasanya



Simak Video "Resep Oseng Mercon Daging Sapi yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)