Makanan Bisa Pengaruhi Mood Seseorang, Masa Sih?

Erika Dyah - detikFood
Kamis, 17 Feb 2022 10:22 WIB
Ilustrasi Makanan Mood
Foto: Dok. CXO Media
Jakarta -

Apakah kamu sering cari pelarian saat stres dengan makan makanan enak? Kalau iya, bisa jadi kamu termasuk dalam golongan orang yang hobi mengandalkan comfort food untuk dapat meningkatkan mood. Tapi nggak perlu khawatir, karena ada rekomendasi dan solusi buat kamu dalam menghadapi ini.

Melansir FYI, kebiasaan orang untuk membeli makanan saat stres ternyata merupakan salah satu cara seseorang untuk me-manage stres yang dihadapi. Hal ini juga didukung oleh penelitian dari Health Collaborative Center yang dilakukan oleh Dr.dr. Ray Wagiu Basrowi lho!

"70% orang Indonesia saat ini banyak membeli makanan online untuk mengatasi jenuh dan sebagai bentuk coping stres mereka," ungkapnya dilansir dari FYI Ep.10 yang ditayangkan di YouTube CXO Media, Kamis (17/2/2022).

Dalam video bertajuk 'Comfort Food Gak Selalu Bikin Good Mood! Emang Iya?', dijelaskan bahwa makanan memang bisa memengaruhi mood dan suasana hati. Tak hanya itu, makanan juga dapat memberikan rasa nyaman yang dibutuhkan, terutama saat stres sehingga muncul istilah comfort food yang umum digunakan masyarakat, terutama kalangan anak muda saat ini.

Tentunya, tak ada pakem khusus yang mengatur comfort food seseorang. Namun, bukan berarti kamu bisa bebas makan semua makanan saat sedang stres. Sebab, makanan comfort food hanya sekadar solusi jangka pendek yang bikin happy sementara.

Tak hanya itu, comfort food yang tinggi gula ataupun karbohidrat juga malah bisa memicu penyakit lain. Bahkan, bisa memicu tubuh kamu meninggalkan hormon stres. Nggak mau sampai mengalaminya, bukan?

Untuk itu, ada baiknya bagi kamu meningkatkan mood dengan makanan yang enak dan sehat. Adapun good food yang bisa kamu andalkan untuk menghilangkan stres antara lain dark chocolate, buah, sayuran, serta makanan berprotein.

Studi membuktikan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan mental. Bahkan, diet makanan yang tepat juga bisa membantu mengurangi gejala depresi.

Sebagaimana diketahui, buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk bantu menyehatkan tubuh. Ada banyak sayur yang baik untukmu, seperti brokoli, wortel, dan jagung.

Sayuran tersebut memiliki banyak manfaat yang bisa untuk mencegah banyak penyakit, seperti mengurangi kanker, mengontrol kadar gula, memperlancar sistem pencernaan, serta menjaga kekebalan tubuh. Tak hanya bikin fisik sehat, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan perasaan bahagia.

Selain itu, konsumsi makanan berprotein tak hanya bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi seimbang. Tapi juga diketahui mampu meningkatkan hormon dopamin dan norepinefrin yang bisa mempengaruhi suasana hati, motivasi, dan konsentrasi.

Makanya, penting sekali untuk kamu memperhatikan konsumsi makanan sehat sehari-hari agar mood tetap terjaga dan bisa say bye pada pikiran yang bikin stres. Untuk bisa makan sehat, kini kamu pun tak lagi perlu repot. Sebab, saat ini sudah banyak makanan yang mengandung sayuran dan protein lengkap dalam sekali makan, seperti Supermi Nutrimi.

Mie dari Supermi Nutrimi dibuat dengan brokoli, tanpa pengawet dan penguat rasa, juga memiliki topping jagung dan wortel sehingga dapat memenuhi kebutuhan sayuran dalam diet makan sehatmu. Mie ini juga telah difortifikasi dengan vitamin dan mineral. Selain itu, rasa Steak Ayamnya yang gurih, nikmat, dan sehat juga bisa bantu kamu naikin mood dan kurangi stres.

Cobain enak dan baiknya Supermi Nutrimi untuk bantu tingkatkan mood kamu. Ingat juga bahwa makanan yang kamu makan sehari-hari sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mood ya!

(akd/ega)