5 Alasan Sehat Mengapa Bangun Tidur Dianjurkan Minum Air Putih

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 21 Jan 2022 06:00 WIB
Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Air putih kaya manfaat terutama jika diminum di pagi hari setelah bangun tidur. S karenanya penting untuk dilakukan setiap harinya.

Sejak dulu air putih dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh. Mulai dari menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, sampai membantu menurunkan berat badan.

Menurut beberapa jurnal kesehatan, air putih dianjurkan di minum di pagi hari saat baru bangun tidur, dan ketika perut masih kosong. Fungsinya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama tidur berjam-jam, agar tidak dehidrasi.

Dilansir dari Pinnacle Care (20/01), berikut alasan penting mengapa minum air putih dianjurkan setelah bangun tidur di pagi hari.

Baca Juga: 7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Selain Setelah Bangun Tidur" selengkapnya


1. Menurunkan Berat Badan

7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Selain Setelah Bangun TidurMinum Air Putih Setelah Bangun Tidur Foto: Getty Images/elenaleonova

Beberapa orang percaya bahwa minum air putih di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Dari beberapa jurnal kesehatan ditemukan orang dewasa paruh baya dan lebih tua, berat badannya menurun ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan termasuk sarapan selama 12 minggu.

Seperti dilansir Medical News Today, sebagian peneliti menghubungkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.

2. Baik untuk Fungsi Tubuh

Asupan air yang cukup juga penting dalam banyak fungsi tubuh. Minum air putih dapat membantu ginjal mengeluarkan air limbah dari tubuh.

Menurut beberapa ahli kesehatan, peningkatan asupan cairan dapat mencegah urolitiasis, yang terjadi ketika batu hadir di saluran kemih.

Begitu juga dengan salah satu studi tentang air putih, yang menemukan bahwa orang membutuhkan asupan air yang cukup untuk fungsi sistem kardiovaskular yang tepat. Studi tersebut mencatat bahwa dehidrasi dan asupan air yang tidak memadai berdampak negatif pada regulasi tekanan darah dan fungsi vaskular.

Dan untuk sendi dan tulang, air adalah komponen dari cairan pelumas di sekitar sendi, yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

3. Baik untuk Kulit

7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Selain Setelah Bangun TidurAir putih untuk kesehatan kulit. Foto: Getty Images/elenaleonova

Beberapa orang percaya bahwa peningkatan asupan cairan dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Kulit mengandung sekitar 30 air, yang membantu kulit meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Beberapa penelitian seputar air putih menemukan bahwa peningkatan asupan air mungkin berdampak positif pada fisiologi kulit - tampak lebih terhidrasi, terutama pada peserta yang biasanya minum lebih sedikit air.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bersama Ensure Membuat Olahan Dasar Cokelat yang Sehat "
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com