7 Kesalahan Saat Memasak Ini Masih Sering Dilakukan Orang

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 16 Feb 2022 14:33 WIB
Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan Banyak Orang
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Meski sudah terbiasa memasak, nyatanya masih banyak kesalahan dalam memasak yang sering dilakukan. Berikut ini 7 kesalahan memasak yang harus dihindari.

Memasak bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar masakan rasanya lezat.

Dilansir dari Bright Side (15/2), sekitar 7 kesalahan memasak masih sering dilakukan oleh sebagian orang. Di antaranya seperti memasak daging dalam kondisi beku, menambahkan minyak dalam rebusan pasta, hingga menggunakan pisau.

Baca Juga: Pemilik Angkringan Pak Gik Semarang Wafat, Nasi Kucing Legendaris Favorit Banyak Orang

Berikut 7 kesalahan saat memasak yang harus dihindari.

1. Masak Daging Beku

Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan Banyak OrangKesalahan Memasak Daging yang Sering Dilakukan Banyak Orang Foto: Getty Images/iStockphoto/

Agar kualitas daging terjaga dalam waktu yang lama, memang harus disimpan di freezer sampai membeku. Namun daging yang beku tak boleh langsung dimasak.

Setidaknya kamu harus mendiamkan daging terlebih dahulu dalam suhu ruang beberapa saat sampai tekstur daging kembali seperti semula. Kalau kamu ingin memasaknya esok hari, kamu bisa memindahkan daging ke rak bawah kulkas sehingga tak lumer pagi harinya.

2. Gunakan Pisau yang Sama

Pisau yang biasa digunakan dalam memasak ada beragam jenisnya. Ada yang digunakan untuk buah, memotong daging, hingga pisau daging.

Karena jenisnya yang beragam itulah kamu tak boleh menyiapkan hidangan hanya dengan satu pisau saja. Proses memasak akan lebih mudah dan cepat kalau menggunakan pisau yang tepat.

Untuk memotong daging, pilihlah pisau yang besar. Sedangkan untuk sayuran dan buah, pilih pisau kecil. Kalau ingin memotong roti, pisau yang digunakan harus bergerigi.

3. Mengaduk Nasi

Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan Banyak OrangJangan mengaduk nasi sesaat setelah matang Foto: Getty Images/iStockphoto/

Nasi yang baru matang dengan tekstur pulen memang paling nikmat untuk disantap bersama lauk favorit. Nasi hangat ini bisa menambahkan selera makan.

Kalau nasi yang dimasak matang, jangan langsung diaduk karena dapat merusak tekstur. Agar teksturnya seperti yang diinginkan, gunakan jumlah air yang tepat saat memasak nasi. Umumnya dipakai 1 cangkir air untuk setengah cangkir beras.

Baca Juga: Gokil! Wanita Ini Berhasil Tangkap Ikan Tuna Bluefin Seberat 450 Kg Sendirian



Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Kikil Sambal Bajak Petai"
[Gambas:Video 20detik]