Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/Jam

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 16 Feb 2022 12:00 WIB
Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/Jam
Foto: The Sun
Jakarta -

Restoran steak Salt Bae yang dikenal mahal di London ternyata tak memperlakukan pekerjanya dengan layak. Upah para pekerjanya bahkan lebih murah dari harga semangkuk salad di sana.

Tidak hanya menu restorannya yang terkenal, berbagai kontroversi terkait restoran steak Salt Bae di London juga tidak kalah viral. Hal ini selalu menyedot perhatian.

Manajemen restoran yang terkenal kurang bagus banyak dikeluhkan oleh pekerja maupun mantan pekerja yang pernah menjalani kehidupannya di sana. Mulai dari upah yang terlalu rendah hingga manajemennya yang tidak manusiawi.

Setelah sebelumnya restoran Salt Bae diributkan dengan upah pembuat sushi yang begitu rendah, kini mereka kembali membuka lowongan dengan upah yang tak masuk akal. Kali ini giliran posisi pelayan yang dianggap diberikan upah tak seimbang dengan suasana di restoran Salt Bae.

Baca juga: Ramai-ramai Pegawai Salt Bae Akui Manajemen Resto Tak Manusiawi

Duh! Pelayan di Resto Salt Bae Hanya Dibayar Rp 290 Ribu/JamMembuka lowongan pekerjaan untuk pelayan, restoran Salt Bae menawarkan upah senilai Rp 290 ribu/jam. Foto: The Sun

Mengutip The Sun (14/2). Nusr Et Steakhouse di Knightsbridge membuka lowongan pekerjaan untuk pelayan profesional. Melalui pesan iklan yang disebarkannya, pelayan yang diterima bekerja nantinya akan diberikan upah sebesar Rp 209 ribu per jam.

Bahkan untuk mendapatkan pekerjaan ini tetap ada syarat yang harus dipenuhi oleh para kandidat. Restoran Salt Bae menginginkan kandidat yang memiliki pengalaman kerja pada posisi yang sama setidaknya selama 2 tahun.

Menurut iklan yang ada di laman Hari.com, para kandidat ini harus bersiap dengan lingkungan pekerjaan yang begitu cepat. Para kandidat pelayan ini juga diwajibkan mampu membuat tamu merasa spesial dengan kedewasaan, kesabaran dan kepercayaan diri mereka.

Tetapi upah yang ditawarkan ini menjadi perdebatan netizen karena dianggap terlalu rendah. Pasalnya upah tersebut bahkan tidak senilai dengan semangkuk Caesar Salad yang disajikan di restoran Salt Bae. Jika dibandingkan, para pekerja ini harus bekerja selama dua jam baru bisa mendapatkan semangkuk salad sebagai makanan pembuka.

Baca juga: Pamer Menu Baru, Salt Bae Gunakan Sebongkah Daging untuk Isian Burger

salt baeHarga upah yang lebih murah dari semangkuk salad, disebut tak sepadan dengan steak yang dibanderol dengan harga tinggi. Foto: Istimewa

Hal ini dianggap sangat tidak sebanding dengan harga-harga makanan yang dibebankan kepada tamunya. Di restoran Salt Bae menu Golden Striploin saja bisa dibanderol hingga Rp 26 juta dan Golden Tomahawk dibanderol senilai Rp 28 juta.

Bukan menjadi kali pertamanya, pada bulan November 2021 lalu restoran Salt Bae juga menjadi viral setelah memasang iklan untuk lowongan chef sushi. Kandidat yang ingin melamar sebagai chef sushi dijanjikan upah senilai Rp 270 ribu per jam.

Jauh dari kata layak, netizen yang mengetahui lowongan pekerjaan tersebut juga mengutuk keras iklan lowongan pekerjaan tersebut. Masalahnya posisi sebagai seorang chef di restoran Salt Bae bahkan dihargai tidak lebih dari seporsi asparagus.

Tidak hanya netizen, ternyata pekerja Salt Bae juga pernah ramai-ramai mengakui bahwa manajemen di restoran tersebut tidaklah manusiawi. Sebuah platform yang dikenal sebagai tempat berbagai lowongan pekerjaan, Glassdoor dipenuhi dengan keluhan para pekerja dan mantan pekerja restoran Salt Bae.

Baca juga: 7 Kebiasaan Kurang Sopan yang Tak Boleh Dilakukan di Kafe



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)