ADVERTISEMENT

Ramai-ramai Pegawai Salt Bae Akui Manajemen Resto Tak Manusiawi

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 07 Nov 2021 11:30 WIB
salt bae
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pernah bermasalah terkait pembayaran upah pegawainya, resto milik Salt Bae kembali diprotes. Pekerjanya ungkap buruknya manajemen resto yang disebut tak manusiawi.

Bukan hanya harga makanan yang terlalu mahal, restoran milik Salt Bae juga pernah terlibat beberapa masalah lainnya. Mulai dari permasalahan hukum akibat penggunaan karya tanpa izin hingga melalaikan kewajiban pembayaran upah pekerja yang sesuai.

Permasalahan upah ini bahkan pernah diproses melalui jalur hukum. Salah satu cabang Nusr-Et Steakhouse di Amerika Serikat pernah disanksi untuk membayar denda senilai Rp2,4 miliar akibat menahan uang tip para pegawai.

baru-baru ini restoran yang terkenal dengan tomahawk steak berlapis emas ini kembali menuai kontroversi akibat perlakuannya dengan para pegawai. Melalui website Glassdoor, restoran ini disebut memberikan perlakuan yang buruk terhadap para pegawainya.

Baca juga: Banyak Dikeluhkan, Restoran Salt Bae Justru Dibela Selebgram Ini

Resto Steak Salt Bae Digugat atas Pelanggaran Hak Cipta, Ini SebabnyaFoto: Instagram@nusr_et

Mengutip The Sun (4/11), perusahaan jaringan milik Salt Bae hanya mendapatkan penilaian setinggi 2,6 dari 5 pada website Glassdoor dimana para pekerja bisa mengulas tentang perusahaan tempat mereka bekerja atau pernah bekerja. Hanya 35% pekerja dari perusahaan Salt Bae yang mengaku akan merekomendasikan perusahaan ini kepada teman atau kerabatnya.

Tanpa diungkapkan identitasnya dan merasa terancam, para pekerja maupun mantan pekerja bisa dengan bebas mengulas perusahaan tempat mereka bekerja sejujur-jujurnya. Namun pada kolom ulasan restoran Salt Bae justru banyak sekali terlihat komentar buruk tentang pengalaman yang tidak menyenangkan para pekerja saat mengabdi di restoran milik Salt Bae.

"Manajer sangat tidak teratur dan tidak menghormati pekerja. HRD juga bekerja dibawah tekanan manajer, restoran selalu dibuat menerima tamu secara berlebihan dan membuat suasana menjadi terlalu sibuk. Banyak pekerja yang kemudian keluar dari pekerjaannya dengan mudah seperti lalat terbang," tulis salah satu pegawai.

"Kalian memberikan hanya omong kosong dan uang untuk para pekerja. Kami bahkan tidak pernah dibiarkan untuk mencicipi makanan seperti apa yang kami jual. Penarikan uang tip yang terlalu besar dari pelanggan juga tidak diimbangi dengan distribusi yang merata," tulis ulasan pegawai lainnya.

salt baeFoto: Istimewa

Tetapi ada satu ulasan yang benar-benar mengungkap sisi lain dari pengelolaan manajemen restoran Salt Bae itu sendiri. Ia bahkan mengatakan bahwa para pegawai diatur dengan rasa takut yang diciptakan melalui tekanan-tekanan bahkan ancaman yang diberikan.

"Kalian benar-benar sama sekali tidak peduli dengan para pekerja!" tulis ulasan yang penuh emosi tersebut.

Padahal berdasarkan iklan lowongan pekerjaan, para calon pekerja dijanjikan akan bekerja dengan bahan-bahan terbaik yang ada di Inggrisnya. Restoran ini bahkan bulan lalu melakukan perekrutan besar-besaran untuk mempekerjakan banyak pegawai baru.

Namun sangat disayangkan bahwa perekrutan pekerja ini tidak diimbangi dengan kepengurusan manajemen yang baik yang mampu memanusiakan para pekerjanya. Salah satu pekerja dari restoran utama di Turki bahkan juga mengungkapkan selama bertahun-tahun dirinya bekerja ia sama sekali tidak pernah bertemu chef yang fenomenal tersebut.

Baca juga: Tawarkan Gaji Rp 233 Ribu, Lowongan Chef di Resto Salt Bae Disorot



Simak Video "Bikin Laper: Pesta Udang Gala, Kepiting, Gurame Garing di Cibubur"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT