Semua Makanan dari Laut Halal, Termasuk Teripang

Devi Setya - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 05:00 WIB
Semua Makanan dari Laut Halal, Termasuk Teripang
Foto: Getty Images/iStockphoto/4045
Jakarta -

Teripang banyak diolah pada masakan China dan juga obat herbal. Hewan laut yang juga dikenal dengan sebutan timun laut ini termasuk makanan halal bagi umat muslim.

Pada masakan Indonesia, teripang memang tidak terlalu populer. Namun bagi masyarakat China, teripang termasuk salah satu makanan istimewa. Banyak masakan China yang diolah dengan bahan baku teripang.

Selain punya rasa enak, teripang ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline (11/2) konsumsi teripang terbukti bisa melawan sel kanker.

Semua Makanan dari Laut Halal, Termasuk TeripangTeripang Foto: Getty Images/iStockphoto/4045

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Bioorganic & Medical Chemistry Letters menyebutkan para peneliti menemukan zat sitotoksik, lebih tepatnya Ds-echinoidea pada teripang, yang dapat mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Inilah yang membuat teripang kerap diolah menjadi obat dan suplemen kesehatan.


Karena terbilang jarang dijadikan olahan makanan, banyak orang bertanya-tanya soal status halal teripang. Dilansir dari Halal MUI (12/2) Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. KH. Abdurrahman Dahlan, MA, mengungkapkan bahwa teripang halal dikonsumsi.

Dalam hadits Rasulullah SAW disebutkan bahwa semua yang berada di laut halal dikonsumsi.

"Dari Abu Hurairah radiyallahu'anhu, ia berkata telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang (hukum) air laut bahwa air laut itu suci, (dan) halal bangkainya."

Selain dari hadist tersebut yang menyebutkan bahwa apa saja yang berasal dari laut adalah halal, terdapat dalil Al-Qur'an yang menjelaskan pula tentang kehalalan hewan laut untuk dimanfaatkan. Salah satunya dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 96:

"Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan."

Dalil Al-Qur'an dan hadits di atas sedikitnya membuktikan kalau teripang merupakan hewan laut yang halal untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan.

Guru besar IPB University sekaligus auditor senior Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Prof. Dr. Ir. Purwantiningsih M.S. menjelaskan, teripang yang sering diolah menjadi jelly gamat dan dijadikan obat herbal mempunyai berbagi macam nutrisi baik yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Teripang mengandung vitamin B kompleks, fosfor, kalium, hingga kolagen.

Semua Makanan dari Laut Halal, Termasuk TeripangSalah satu masakan olahan teripang Foto: Getty Images/iStockphoto/4045

Berbagai macam kandungan ini memberikan beragam manfaat kesehatan, diantaranya menghambat pertumbuhan sel kanker, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan HIV dan herpes simpleks, menjaga pembuluh darah, mengatasi nyeri sendi, memperbaiki fungsi ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, hingga mencegah keriput pada kulit.

Namun teripang juga bisa menjadi makanan yang syubhat ataupun haram ketika dalam proses pengolahannya bercampur dengan bahan lain yang statusnya haram. Misalnya teripang yang dimasak dengan campuran bumbu mengandung alkohol, maka bagi umat muslim makanan ini tidak boleh dikonsumsi karena haram.



Simak Video "Teripang, Timun Laut Kaya Manfaat yang Memiliki Harga Jual Tinggi, Karimunjawa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)