5 Makanan Ekstrem Jepang, Ada Sperma Ikan hingga Belalang Manis

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 19:00 WIB
5 Makanan Ekstrem Jepang, Ada Sperma Ikan hingga Belalang Manis
Foto: Site News
Jakarta -

Di balik banyaknya makanan Jepang yang populer ada juga ragam kuliner ekstrem. Tampilannya cukup unik dan menantang penggemar kuliner.

Kalau membicarakan kuliner khas Jepang, pastinya yang langsung terlintas di kepala banyak orang adalah sushi atau ramen. Selain itu masih banyak kuliner Jepang yang enak dan unik.

Seperti beberapa kuliner tradisional Jepang ini yang dianggap ekstrem oleh sebagian orang. Karena menggunakan bahan makana yang tidak biasa, seperti daging kuda yang dijadikan sashimi, sampai sperma ikan yang diolah menjadi makanan utama.

Dilansir dari Tokyo Treat (11/02), berikut lima makanan yang dianggap ekstrem di Jepang.

Baca Juga: Beli Sushi Dikasih Irisan Cabai Rawit, Netizen: Ini Sushi Mamang Gorengan" selengkapnya

1. Inago no Tsukudani


Inago no Tsukudani adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari sejenis belalang. Serangga ini direbus dalam campuran kecap asin dan gula. Kata "inago" sendiri berarti belalang.

Sementara "tsukudani" merujuk pada proses pemasakan belalang memakai bahan-bahan di atas. Biasanya inago no tsukudani mudah ditemui di wilayah pedalaman dan pegunungan Jepang. Misalnya saja di Nagano dan Fukushima. Ciri khasnya memiliki rasa yang asin dan manis dari paduan bumbunya.

Bahkan inago no tsukudani disebut-sebut sebagai suplemen nutrisi. Memakan serangga ini diyakini membawa manfaat sehat. Sebenarnya menu serupa juga bisa ditemui di Indonesia. Banyak orang di pulau Jawa mengonsumsi belalang goreng.

2. Babashi

Hukum Makan Daging Kuda dalam Islam dan Khasiatnya untuk KesehatanDaging Kuda Foto: iStock

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang sejak dulu mengonsumsi daging kuda. Bahkan daging kuda di sana disulap menjadi makanan mewah yang berkelas. Salah satu hidangannya ada babashi yang sekilas mirip seperti sashimi.

Babashi merupakan hidangan daging kuda mentah yang diiris tipis, kemudian disajikan dengan sayuran segar dan saus kecap asin. Kemudian untuk mengurangi rasa amis, babashi disajikan dengan jahe dan bawang serta perasan jeruk nipis.

Selain babashi ada juga menu sup daging kuda yang mirip irisan tipis daging sukiyaki dengan aneka sayuran. Jepang juga punya produk ham yang terbuat dari daging kuda yang dihaluskan.

3. Nuru nuru shirako


Sekilas tampilan nuru nuru shirako seperti sup biasa, namun bahan utamanya adalah kantung sperma ikan! Umumnya orang Jepang memakai ikan cod untuk hal itu. Setelah itu, kantung sperma ikan dicampur bersama cumi yang sudah dicincang.

Tampilan kantung sperma mirip otak atau usus sapi. Warnanya putih dengan tekstur creamy dan lembut. Konon saat dimakan, nuru nuru shirako akan leleh di mulut. Selain ikan cod, kantung sperma ikan anglerfish atau buntahan juga bisa dipakai.

Menu unik ini tersaji di restoran Jepang. Olahannya tak hanya sebagai sup, tapi kantung sperma ikan juga bisa digoreng sebagai tempura atau dipanggang dan dijadikan topping sushi.



Simak Video "Bikin Laper: Oishii! Tekka Don hingga Okonomiyaki"
[Gambas:Video 20detik]