Warung Sunda

5 Warung Sunda di Bandung Ini Punya Sambal Cikur hingga Sambal Goang Sedap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 10 Feb 2022 16:00 WIB
5 Warung Sunda di Bandung Ini Punya Sambal Cikur hingga Sambal Goang Sedap
Foto: Instagram foodgallerybdg
Bandung -

Tak sulit menemukan warung Sunda enak di Bandung. Lima tempat berikut termasuk di antaranya, apalagi mereka menawarkan sambal cikur, sambal terasi, hingga sambal goang sebagai paduannya. Mampir yuk!

Membicarakan warung Sunda enak tentu tidak lengkap tanpa membahas rekomendasinya yang ada di Bandung. Di kota kembang ini terdapat banyak warung, rumah makan, dan restoran Sunda.

Umumnya tempat makan ini berkonsep prasmanan dimana pengunjung bebas memilih lauk sendiri. Lauknya ada ayam goreng, ikan goreng, aneka pepes, ikan asin, tumis sayur, hingga jengkol dan pete.

Ciri khas lainnya, warung Sunda menghadirkan aneka lalapan dan sambal. Khusus sambal, tiap tempat menawarkan racikan berbeda. Semuanya memiliki kenikmatan masing-masing.

Ada yang menyuguhkan sambal cikur, sambal dadak, sambal terasi, hingga sambal goreng. Paduan sambal ini membuat rasa lauk Sunda dan nasi hangat yang dimakan lebih enak!

Berikut rekomendasi 5 warung Sunda di Bandung yang punya lauk dan sambal nikmat:

1. Rumah Makan Cikawao

5 Warung Sunda di Bandung Ini Punya Sambal Cikur hingga Sambal Goang SedapRumah Makan Cikawao menawarkan ragam menu Sunda nikmat, termasuk pesmol ikan mas dan oncom goreng Sedap Foto: Instagram elsafooddiary

Warung Sunda di kawasan Lengkong ini konon sudah hadir lebih dari 5 dekade lalu. Namanya Rumah Makan Cikawao yang punya 3 racikan sambal enak. Ketiganya adalah sambal dadak, sambal oncom, dan sambal terasi khas Cikawao.

Untuk menu andalannya, Rumah Makan Cikawao punya babat hitam yang super empuk, empal gepuk yang gurih enak, hingga ayam kampung goreng. Tak ketinggalan pesmol ikan mas, jengkol goreng, dan oncom goreng yang semuanya enak dipadukan dengan nasi hangat, sambal, dan lalapan.

Oh ya, paket lalapan di Rumah Makan Cikawao juga lengkap lho! Isiannya ada tespong, selada air, selada bokor, timus, dan daun selasih/surawung.

Rumah Makan Cikawao
Jl. Cikawao No.7, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung
Telepon: (022) 4238947

2. Nasi Bancakan

5 Warung Sunda di Bandung Ini Punya Sambal Cikur hingga Sambal Goang SedapNasi Bancakan, salah satu warung Sunda populer di Bandung yang tawarkan puluhan lauk Foto: Instagram nasibancakan.bdg

Menyebut makanan Sunda enak tak bisa meninggalkan Nasi Bancakan yang tersohor di Bandung. Lokasinya ada di Jalan Diponegoro Nomor 25. Rumah makan ini disukai karena menghadirkan suasana jadul yang homey.

Sistem bersantap di sini adalah prasmanan. Pengunjung bebas memilih lauk untuk nantinya ditaruh di atas piring kaleng yang bikin nostalgia! Pilihan lauknya sangat banyak, ada sekitar 30 jenis.

Kamu bisa puaskan selera dengan nasi liwet, gurame goreng, pindang tongkol, ikan asin jambal roti, pepes ayam, tutut, tumis genjer, hingga ikan mas pesmol. Jangan lupa juga pesan 3 jenis sambal di sini yaitu sambal golodog, oncom, dan ceurik.

Nasi Bancakan
Jl. Diponegoro No. 25, Bandung
Telepon: 0813 8393 6634⁠

3. Warung Bu Eha

5 Warung Sunda di Bandung Ini Punya Sambal Cikur hingga Sambal Goang SedapWarung Sunda legendaris di Bandung ini tawarkan pepes peda enak Foto: Instagram foodgallerybdg

Mau makan di warung Sunda legendaris Bandung? Mampirlah ke Warung Bu Eha yang ada di dalam Pasar Cihapit. Warung ini sudah ada sejak 1947 dan merupakan langganan Presiden Soekarno.

Bu Eha yang usianya sudah 90 tahun lebih kerap melayani pembeli di warung makan prasmanan miliknya ini. Tersedia banyak lauk di sini, namun pepes peda menjadi yang terfavorit. Dipadukan dengan ayam bakar, buntil daun pepaya, dan nasi hangat, sudah pasti rasanya nikmat!

Warung Bu Eha juga punya gepuk, telur bumbu rendang, ayam goreng, pepes usus, hingga pepes oncom yang enak. Semua lauk ini enak dicocol ke sambal dadak yang pedas, segar, dan nikmat. Oh ya, kebanyakan pengunjung Warung Bu Eha menikmati lauk Sunda dengan nasi merah.

Warung Bu Eha
Pasar Cihapit 8A, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
Telepon: (022) 4261453

Lihat lagi halaman selanjutnya untuk tahu rekomendasi warung Sunda enak di Bandung.



Simak Video "Bikin Laper: Nila Pesmol-Kerecek Cumi Sotong Cabe Ijo"
[Gambas:Video 20detik]