Demi Bisnis Kuliner, Orang-orang Ini Rela Berhenti dari Pekerjaan Tetapnya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 09 Feb 2022 19:30 WIB
Demi Bisnis Kuliner, Orang-orang Ini Rela Berhenti dari Pekerjaan Tetapnya
Foto: Site News
Jakarta -

Bekerja di perusahaan ternama pastinya memiliki kebanggaan tersendiri. Tapi orang-orang ini rela berhenti dari pekerjaan mereka demi memulai bisnis kuliner.

Memutuskan untuk resign atau berhenti dari suatu pekerjaan atau jabatan yang menjanjikan tentu saja tidak mudah. Selain harus siap kehilangan pendapatan tetap, orang-orang juga harus menaruh risiko dengan keputusan yang mereka ambil.

Seperti orang-orang ini yang memutuskan untuk berhenti mengejar karir mereka sebagai pegawai kantoran. Serta lebih memilih menjadi pengusaha kuliner, atau membantu keluarga mereka berjualan makanan.

Mulai dari berhenti bekerja demi membuka restoran BBQ, sampai demi bisa berjualan donat. Berikut kisah orang-orang yang resign demi berjualan makanan.

Baca Juga: Berhenti Bekerja di Hotel, Chef Ini Sukses Buka Resto di Rumah" selengkapnya


1. Jualan Keripik Pisang

Demi Bisnis Kuliner, Orang-orang Ini Rela Berhenti dari Pekerjaan TetapnyaDemi Bisnis Kuliner, Orang-orang Ini Rela Berhenti dari Pekerjaan Tetapnya Foto: Site News

Meninggalkan pekerjaannya di sebuah perusahaan startup, pria ini lebih memilih untuk membantu ayahnya. Ikut serta mengembangkan produksi keripik pisang rumahan, begini kisah Andre.

Melalui unggahan akun TikToknya @adredege, Andre membagikan kesehariannya setelah mengundurkan diri dari perusahaan startup tempat dimana ia pernah bekerja. Andre kini disibukkan membantu ayahnya memproduksi keripik pisang rumahan dengan alat sederhana yang dimilikinya.

Setiap harinya Andre kini memang disibukkan dengan menjalankan tugasnya di bagian produksi keripik pisang rumahan milik keluarganya. Mengiris dan membersihkan pisang-pisang yang akan diolah menjadi keripik adalah tugas yang harus dilakukan Andre setiap hari. Usahanya ini berbuah manis karena banyak orang yang menyukai keripik pisangnya.

2. Buka Restoran Korean BBQ

Saat anak muda seusianya ambisius menjalani pekerjaan impian, berbeda dengan wanita ini. Ia keluar dari pekerjaannya di Apple demi membantu ibunya mengelola restoran Korean BBQ.

Wanita ini bernama Ryu Jiah asal Singapura. Ia mengakui membuka restoran di tengah pandemi Covid-19 adalah sebuah tantangan besar, apalagi dirinya harus keluar dari perusahaan Apple tempatnya bekerja.

Sebelumnya, Ryu bekerja di Apple sebagai analis pemenuhan pesanan produk. Ia bekerja dari Februari hingga September tahun ini. Ryu juga sempat bekerja sebagai analis bisnis di Hewlett Packard Enterprise selama 2 tahun.

Ryu membagikan cerita ini di TikTok. Tak disangka, responsnya sangat positif hingga banyak netizen tertarik datang dan bersantap di restoran miliknya.

3. Jualan Dimsum

Pria yang akrab disapa Teguh ini adalah mantan manajer di sebuah bank swasta. Karirnya bisa disebut cemerlang, ia bahkan kerap mendapatkan penghargaan atas pekerjaannya. Namun ia memilih untuk resign dan memulai bisnis kuliner.

Bisnis dimsum yang ia pilih ini benar-benar dimulai dari nol. Teguh banyak belajar cara membuat dimsum enak, di awal uji resep pun ia sering gagal. Namun ini dijadikan pelajaran, kini bisnisnya yang diberi nama 'Pabrik Dimsum' sukses meraup banyak keuntungan.

Dalam sebulan omzetnya ratusan juta. Selain sukses menjadi pebisnis kuliner, Teguh juga berhasil membuka lapangan pekerjaan. Ia kini dibantu oleh 20 orang karyawan yang setiap hari memproduksi dimsum.

4. Buka Peternakan Kambing

Selain bisnis kuliner, ada juga yang memutuskan untuk resign demi membuka peternakan kambing. Seperti kisah pria bernama Didi yang dulunya memiliki jabatan dan karir cemerlang di tempat kerjanya dulu.

Menjadi manager BUMN di usia muda tentu saja dambaan semua orang, tapi Didi justru memilih resign dan memulai bisnis ternak kambing bersama sang kakak. Berlokasi di Sleman, Yogyakarta, peternakan kambing milik Didi ini dimulai dari nol.

Rela meninggalkan karirnya yang cemerlang tak membuat Didi patah semangat. Ia justru kini dikenal sebagai peternak kambing sukses. Mengawali peternakan dengan 70 ekor kambing di tahun 2012, kini Didi sudah memiliki lebih dari 700 ekor kambing. Ia bangga dengan pekerjaannya saat ini dan merasa jauh lebih bahagia.



Simak Video "Banting Setir! Rio Haryanto Kini Fokus Bisnis Kuliner di Solo"
[Gambas:Video 20detik]