Pria Ini Bikin Keripik Batang Pisang, Netizen Penasaran Rasanya

Devi Setya - detikFood
Rabu, 09 Feb 2022 18:30 WIB
Pria Ini Bikin Keripik Batang Pisang, Netizen Penasaran Rasanya
Foto: TikTok @mursyid241
Jakarta -

Tak banyak yang tahu kalau batang pisang bisa diolah menjadi makanan. Seperti pria yang membuat keripik batang pisang dan berhasil bikin netizen penasaran dengan rasanya.

Selain buahnya, masyarakat juga biasa mengolah jantung pisang menjadi masakan. Namun ternyata ada juga yang memanfaatkan batang pisang atau gedebog pisang sebagai camilan.

Adalah Mursyid, pria yang sering membuat makanan dari batang pisang, termasuk keripik. Lewat akun Tiktoknya @mursyid241 ia menunjukkan cara membuat keripik batang pisang. Ternyata caranya mudah.

"Ada pohon pisang rubuh lagi. Gue eksekusi dulu pohon pisangnya, gue tebas-tebas, gue manfaatkan buat bikin cemilan," kata Mursyid.

Pria Ini Bikin Keripik Batang Pisang, Netizen Penasaran RasanyaPria Ini Bikin Keripik Batang Pisang Foto: TikTok @mursyid241

Ia juga menunjukkan langkah demi langkah untuk membuat keripik batang pisang ini. Pertama ia potong bagian batang pisang bagian yang dalam lalu dipotong sekitar 10 cm. Dikupas bagian luarnya hingga mendapatkan bagian berserat seperti jaring. Bagian yang mirip jaring ini kemudian dipotong-potong.

Selanjutnya ia merendam bagian batang pisang ini dengan larutan asam Jawa. Tujuannya adalah untuk memberi rasa sekaligus menghilangkan getah batang pisang. Irisan batang pisang ini kemudian dibilas dengan air bersih.

Untuk memasaknya, Mursyid melumuri batang pisang ini dengan adonan tepung terigu yang sudah diberi bubuk bawang putih dan penyedap rasa. Ia lantas menggoreng batang pisang hingga kering dan matang.

"Ini tuh ga ditaburin bumbu aja udah enak banget, apa lagi ditambah bumbu," kata Mursyid sambil menyantap camilan batang pisang ini.

Video yang sudah disaksikan lebih dari 9,7 juta kali ini pun mengundang komentar netizen. Beberapa netizen terbiasa menemukan masakan dari batang pisang, sementara itu banyak juga yang penasaran dengan rasanya.

"Di daerah aku pohon pisang emang di makan, bahkan di sajikan di acara besar nama mknannya kotei," ujar netizen.

"Aku ketika kecil. gedebog buat main masak masakan tapi ga dimakan kaya gitu," sahut netizen lain.


"Apakah ini untuk semua jenis pohon pisang bang,. atau hanya pisang tertentu aja,, tolong dijawab plis dibelakang rumah ada pohon pisang banyak," tambah netizen lainnya.

Pria Ini Bikin Keripik Batang Pisang, Netizen Penasaran RasanyaBatang pisang Foto: TikTok @mursyid241

Kepada DetikFood (5/2) Mursyid mengatakan camilan seperti ini sudah biasa ia temui sejak kecil karena orang tuanya sering mengolah batang pisang menjadi makanan.

"Tau resep nya emang dari kecil liat orang tua sering buat keripik debog itu," kata Mursyid.

Ia juga mengatakan kalau rasa camilan ini enak. "Rasanya kalo udah di goreng kering terus di iris tipis, gak jauh seperti peyek atau kue bawang," pungkas Mursyid.



Simak Video "Kreasi Ibu-ibu Pangandaran, Ubah Limbah Pohon Pisang Jadi Jajanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)