Berbuah Gantet dan Bertandan Seribu, 5 Fenomena Langka Pohon Pisang Unik

Riska Fitria - detikFood Minggu, 11 Okt 2020 10:00 WIB
Berbuah Gantet dan Bertandan Seribu, 5 Fenomena Langka Pohon Pisang Unik Foto: Tom Symes
Jakarta -

Fenomena langka dari pohon pisang unik kerap kali terjadi. Ada buah pisang ganda dalam satu kulit hingga pisang tumbuh di tengah batang.

Baru-baru ini seorang pria di Inggris dikejutkan dengan penemuan buah pisang ganda dalam satu kulit. Fenomena ini dikenal dengan sebutan buah gantet atau dempet.

Fenomena langka itu memang terbilang unik. Buah gantet itu bisa terjadi karena adanya kelainan genetik. Meskipun pisang gantet lazim ditemui di Indonesia. Selain buah pisang gantet, ada juga fenomena langka lainnya yang terjadi pada pohon pisang.

Pohon pisang unik ini banyak ditemukan di Indonesia. Mulai dari bertandan seribu hingga pohon pisang yang tumbuh tanpa daun.

Hal itu menyebabkan banyak orang yang penasaran dan berondong-bondong menghampiri pohon pisang tersebut. Tak sedikit juga yang mengabadikan dan menjadi viral.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fenomena langka pohon pisang unik.

1. Buah Pisang Ganda dalam Satu Kulit

Berbuah Gantet dan Bertandan Seribu, 5 Fenomena Langka Pohon Pisang UnikBerbuah Gantet dan Bertandan Seribu, 5 Fenomena Langka Pohon Pisang Unik Foto: Tom Symes

Buah pisang ganda dalam satu kulit ini ditemukan oleh laki-laki bernama Tom Symes. Saat itu sudah membeli seikat pisang di sebuah supermarket.

Awalnya ia tidak menyadari kalau ada pisang yang ukurannya lebih besar dibandingkan yang lainnya. Ia baru menyadari ketika ia menyantap pisang tersebut di rumah.

Ia menemukan pisang berukuran jumbo. Tom mengira pisang tersebut busuk atau ada telur laba-laba di dalamnya. Namun, ia dibuat terkejut dengan pisang unik tersebut.

Buah pisang itu tumbuh ganda dalam satu kulit, lapor Metro (07/10). Tom pun memakan pisang unik itu dengan membagikan satu bagian untuk ibunya.

Potret pisang unik itu menjadi viral di media sosial. Banyak netizen yang menyebut bahwa itu adalah fenomena langka. Itu terjadi karena adanya kelainan genetik pada buah.

Di Indonesia, buah gantet atau dempet seperti itu juga pernah terjadi. Namun, ada mitos bahwa buah pisang dempet seperti itu tidak boleh dimakan, khususnya bagi ibu hamil.

Baca Juga : Unik! Pohon Pisang di Ciamis Berbuah di Tengah Batang

Selanjutnya
Halaman
1 2 3