Jangan Terjebak! 7 Makanan Ini Justru Bikin Perut Selalu Lapar

Devi Setya - detikFood
Rabu, 09 Feb 2022 15:00 WIB
7 Makanan Ini Justru Bikin Perut Selalu Lapar
Foto: Getty Images/nazar_ab
Jakarta -

Beberapa orang tetap merasa lapar meskipun sudah makan. Bukan karena porsinya, terkadang karena jenis makanannya yang membuat perut tak kenyang sehingga ingin terus makan.

Sebagian orang masih merasa lapar setelah makan. Kondisi ini kerap terjadi dan termasuk hal yang wajar. Banyak hal yang menjadi penyebab rasa lapar usai makan, selain karena porsinya, pilihan jenis makanan pun turut membuat perut tak kunjung kenyang.

Jika terus dituruti, rasa lapar ini akan menjebak sekaligus menjadi penyebab naiknya berat badan. Dilansir dari Brightside (7/2) jenis dan kandungan nutrisi dari makanan ternyata mempengaruhi rasa kenyang.

Berikut beberapa makanan yang membuat perut selalu merasa lapar:

1. Kentang goreng

7 Makanan Ini Justru Bikin Perut Selalu LaparKentang Goreng Bikin Perut Selalu Lapar Foto: Getty Images/nazar_ab

Kentang goreng mengandung lemak trans dan garam yang mengganggu hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang. Apalagi ketika menyantap kentang goreng dengan tambahan saus sambal yang juga dibuat dengan banyak bahan pengawet. Meskipun termasuk sumber karbohidrat tapi makan kentang goreng akan sulit membuat perut merasa kenyang.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa ngemil kentang sama sekali. Cobalah ubah olahan kentang goreng menjadi kentang rebus. Kamu bisa mendapat lebih banyak vitamin dan nutrisi ketika menyantap kentang rebus. Kentang rebus juga membuat perut cepat kenyang, jadi tak heran kalau banyak pelaku diet yang memilih kentang sebagai pengganti nasi.

2. Jus buah


Jus buah sering diklaim sebagai minuman sehat padahal banyak bagian buah yang terbuang ketika diolah menjadi jus. Kandungan serat pada buah biasanya justru terbuang sia-sia. Serat inilah yang sebenarnya memberi efek kenyang.

Selain itu, jus buah juga biasanya mendapat tambahan gula dalam jumlah banyak. Gula tambahan ini berpotensi menyebabkan lonjakan gula darah yang justru membuat lebih cepat lapar. Dibandingkan minum jus buah, lebih baik menyantap buah segar langsung karena seratnya bisa membuat kenyang.

3. Yoghurt rendah lemak

7 Makanan Ini Justru Bikin Perut Selalu Lapar7 Makanan Ini Justru Bikin Perut Selalu Lapar Foto: Getty Images/nazar_ab


Yogurt rendah lemak dikenal sebagai salah satu makanan sehat namun membuat lapar dengan cepat. Yoghurt mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Ketika usus dalam keadaan sehat, sistem kekebalan tubuh juga menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terpapar penyakit. Dibandingkan makan yoghurt rendah lemak, kamu bisa memilih greek yoghurt atau yoghurt Yunani yang sehat namun juga memberi efek kenyang.

4. Keju

Keju juga termasuk jenis makanan yang membuat cepat lapar. Beberapa jenis keju tidak memberi efek kenyang dan justru membuat orang ingin makan lagi dan lagi. Kandungan protein pada keju memang dikenal baik untuk kesehatan namun tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak.

Sebagai alternatif, kamu bisa menyantap keju cottage, yakni jenis keju tinggi protein yang mampu membuat efek kenyang lebih lama. Keju ini juga rendah kalori dan bisa dijadikan campuran untuk berbagai jenis makanan.



Simak Video "Bikin Lapar Edisi Bakso, Gado-gado, sampai Gulai Kepala Kakap"
[Gambas:Video 20detik]