10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling Indonesia

ADVERTISEMENT

10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling Indonesia

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 05 Feb 2022 11:00 WIB
10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling Indonesia
Foto: Shutterstock via TasteAtlas
Jakarta -

Masakan babi ada banyak jenisnya di seluruh dunia. TasteAtlas merangkum 10 masakan babi paling terkenal. Nomor satu ternyata berasal dari Jepang!

TasteAtlas merupakan situs asal Kroasia yang fokus mengulas makanan tradisional di berbagai negara. Tak jarang, pihaknya meluncurkan daftar makanan yang paling direkomendasikan di sebuah kota atau negara.

Pilihan menunya pun beragam, termasuk masakan babi. Seperti diketahui, masakan babi terdapat di banyak negara. Masing-masing masakan tersebut memiliki ciri khas dan keistimewaan, baik dari segi paduan bahan hingga cara masaknya.

Berikut 10 masakan babi paling terkenal di dunia versi TasteAtlas (11/1/2022):


10. Katsudon

Jepang memiliki banyak jenis donburi alias ricebowl. Salah satunya katsudon bertopping tonkatsu, daging babi berlapis tepung yang renyah gurih, serupa chicken katsu.

Katsudon dilengkapi ragam sayuran dan telur yang ditumis jadi satu dengan bumbu gurih. Versi katsudon paling terkenal adalah yang dibuat dengan saus Worcestershire, miso, dan kecap asin.

9. Sisig

10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling IndonesiaSisig, masakan babi terkenal di Filipina Foto: Shutterstock via TasteAtlas

Menyebut masakan babi tak bisa meninggalkan menu khas Filipina. Salah satunya sisig yang dibuat dari bagian kepala babi seperti kuping, pipi, dan rahang. Semuanya direbus, dipotong-potong, dan dipanggang dengan bumbu garam, merica, dan cuka.

Dalam penyajiannya, sisig dilengkapi daun bawang goreng, hati ayam, hingga topping telur mentah. Tak sedikit orang Filipina yang kemudian menambahkan mayonnaise dan kerupuk babi. Sisig ternyata punya sejarah panjang. Konon hidangan ini sudah ada sejak tahun 1732.

8. Porchetta

Masakan babi paling terkenal di dunia selanjutnya berasal dari Italia, porchetta. Berupa daging babi tanpa tulang yang dipanggang. Bumbunya penuh rempah seperti garam, bawang putih, rosemary, dan biji adas.

Porchetta memiliki isian. Di tiap wilayah Italia, jenisnya bisa berbeda. Dua yang populer adalah hati babi dan kulit serta daging babi. Biasanya porchetta dimakan dengan roti.

7. Lechon

10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling IndonesiaSerupa dengan babi guling di Indonesia, inilah lechon khas Filipina Foto: Shutterstock via TasteAtlas

Mirip babi guling Indonesia, inilah lechon khas Filipina. Biasanya lechon disajikan utuh sebagai menu istimewa dalam acara pernikahan atau Natal.

Lechon memiliki daging yang super empuk, bahkan sangat mudah lepas dari tulangnya. Semua bagian lechon bisa dimakan, namun yang jadi favorit adalah kulitnya yang renyah gurih.

6. Pernil

Masakan babi ini mungkin belum familiar untuk orang Indonesia. Namanya pernil yang merupakan menu khas Puerto Rico. Pernil merupakan bahu babi panggang yang dibumbui adobo mojado.

Bumbu tersebut terdiri dari paprika, garam, cuka, bawang putih, dan oregano. Pernil menjadi menu utama dalam berbagai perayaan di Puerto Rico seperti ulang tahun dan pernikahan.

5. Carnitas

10 Masakan Babi Paling Terkenal di Dunia, Ada yang Mirip Babi Guling IndonesiaSuwiran carnitas kerap disajikan bersama carnitas di Meksiko Foto: Shutterstock via TasteAtlas

Berasal dari Meksiko, inilah carnitas yang penuh cita rasa. Menu ini biasanya dibuat dari bahu babi yang direbus, dipanggang, atau dimasak perlahan (slow cooked) dengan lemaknya sampai benar-benar empuk dan lezat.

Daging carnitas biasanya disuwir-suwir lalu disajikan bersama tortilla dengan tambahan salsa, kacang-kacangan, guacamole, jeruk nipis, dan sayuran segar. Carnitas mudah ditemukan di seluruh penjuru Meksiko.

Lihat lagi halaman selanjutnya untuk tahu masakan babi paling terkenal di dunia lainnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT