Warganet Malaysia Geram Melihat Pejabat Minum Air Mineral Mahal

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 04 Feb 2022 13:30 WIB
Warganet Malaysia Geram Melihat Pejabat Minum Air Mineral Mahal
Foto: World of Buzz
Jakarta -

Pejabat pemerintah Malaysia dikritik tajam gara-gara air mineral. Hal ini lantaran mereka kedapatan disuguhi merek air mineral mahal saat sedang rapat di kantornya.

Pada Senin (31/1/2022), pemerintah Malaysia mengumumkan pengurangan harga tertinggi ayam potong sebesar 20 sen. Dari yang harganya semula RM9.10 (Rp 31.200) menjadi RM8.90 (Rp 30.500).

Video hasil rapat para pejabat Malaysia di kantor Perdana Menteri ini kemudian dibagikan di Twitter sebagai bentuk transparansi informasi. Namun warganet Malaysia banyak yang salah fokus dengan video tersebut.

Alih-alih mengomentari informasi harga ayam potong yang berkurang, mereka menyoroti botol air mineral mahal yang disuguhkan untuk para pejabat. Air mineral tersebut merupakan merek Evian, lapor World of Buzz (3/2/2022).

Warganet Malaysia tidak senang melihat pejabat Malaysia hidup bermewah-mewahan, salah satunya minum air mineral mahal, di saat banyak orang berjuang membeli makanan. Tak sedikit juga yang mengaitkan hal ini dengan informasi turunnya harga ayam.

Warganet Malaysia Geram Melihat Pejabat Minum Air Mineral MahalKehadiran botol air mineral Evian di meja rapat pejabat Malaysia jadi sorotan Foto: World of Buzz

"Membuang-buang banyak waktu dan uang. Akhirnya harga ayam turun 20 sen. Kenapa Anda semua (para pejabat) tidak menurunkan pilihan air mineral lebih dulu? Masyarakat harus berhemat dengan pengeluaran sehari-hari, namun mereka (pemerintah) bisa minum air premium. Bagaimana mereka bisa mempertanggungjawabkannya pada Tuhan," bunyi komentar seorang warganet.

Komentar warganet lain juga tak kalah pedas. "Pertemuan Dewan Nasional tentang Biaya Hidup. Mereka menyajikan air mineral Evian seharga RM 8 (Rp 27.400) sebotol. Orang-orang munafik," sahut warganet. Ada juga yang bilang, "Minum Evian tapi harga ayam hanya turun 20 sen? LEMAH."

Faktor lain yang menambah kemarahan warganet Malaysia adalah para pejabat disajikan makanan selama rapat. Kemudian mereka juga menganggarkan biaya untuk memproduksi video hasil rapat mereka yang mana hasilnya hanya mengumumkan penurunan harga ayam sebanyak 20 sen.

Evian sendiri merupakan produk air mineral premium asal Prancis yang bersumber dari pegunungan Alpen. Evian menjamin air mineralnya murni dengan rasa khas yang istimewa. Terdapat 5 tahapan proses pemurnian air mineral Evian.

Warganet Malaysia Geram Melihat Pejabat Minum Air Mineral MahalEvian adalah produk air mineral premium asal Prancis Foto: World of Buzz

Sejarah Evian begitu panjang, diawali pada tahun 1789 ketika Marquis de Lessert menemukan Cachat Spring yang menjadi sumber mata air Evian. Kemudian pada tahun 1878, Dukes of Savoy memperkenalkan produk Evian botolan pertama, seperti diungkap Aqua Maestro.

Mengenai kandungannya, air mineral Evian tinggi akan potassium yang bagus untuk menjaga kadar keseimbangan pH dalam tubuh dan meningkatkan produksi enzim. Evian tergolong air mineral netral dengan pH 7.2.

Di Indonesia, Evian dijual mulai dari Rp 17.690 untuk kemasan botol 500 ml. Lalu ada juga Evian spesial yang dikemas botol kaca. Harganya sekitar Rp 60 ribu untuk kemasan isi 750 ml.



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)