Siswa SMA di Jepang Berhasil Membuat Pemotong Kue Canggih

ADVERTISEMENT

Siswa SMA di Jepang Berhasil Membuat Pemotong Kue Canggih

Devi Setya - detikFood
Rabu, 02 Feb 2022 12:00 WIB
Pemotong Kue Canggih
Foto: Oddity Central
Jakarta -

Pelajar sekolah menengah di Jepang baru saja memamerkan alat canggih buatannya. Mereka membuat alat pemotong kue canggih yang bisa membagi kue dengan ukuran sama besar.


Beberapa pelajar di sekolah menengah memang ditugaskan untuk membuat sebuah karya sebagai bagian dari mata pelajaran. Di Jepang, siswa SMA memilih membuat alat pemotong kue canggih. Dengan alat ini, bisa memotong kue atau pizza dengan ukuran sana besar.

Dilansir dari Oddity Central (27/1) banyak orang mengeluh kesulitan memotong kue dengan ukuran sama. Jika memotong menggunakan pisau, hasilnya tidak akan bisa sama rata. Ada bagian kue yang berukuran besar namun ada juga yang ukurannya kecil.

Pemotong Kue CanggihPemotong Kue Canggih Foto: Oddity Central

Untuk mengatasi masalah ini, sekelompok siswa dari Sekolah Menengah Kundong di Prefektur Oita Jepang menciptakan perangkat berteknologi tinggi yang berfungsi memotong kue dengan ukuran sama persis. Alat ini menghitung sudut di mana makanan akan dipotong. Ukuran makanan ini juga disesuaikan dengan jumlah potongan yang akan dibuat.

Adalah Wataru Onoda siswa kelas kedua di Sekolah Menengah Kundong, terinspirasi untuk menciptakan peralatan yang cerdik dari pengalaman di keluarganya sendiri. Saat memotong kue ulang tahun menjadi tujuh potong untuk setiap anggota keluarga yang hadir, ibu Onoda justru membuat delapan potong yang akhirnya menjadi rebutan saudara perempuannya.

Wataru Onoda membuat alat ini bersama rekannya, Rinto Kimura dan Mitsumi Zaimae. Tiga remaja ini menciptakan perangkat yang membuat siapa pun bisa memotong kue bulat dengan ukuran sama rata.

Alat ini diberi nama 'Get Along Well With Everyone'. Alat pemotong kue canggih ini terdiri dari meja bundar yang bagian atasnya bisa diletakkan kue atau pizza. Lalu sebuah laser akan bekerja mencari titik pusatnya untuk kemudian mengukur kue dan membagi sesuai jumlah potongan.

Alat ini dibuat dengan menggunakan rumus geometri dan matematika. Onoda dan rekan-rekannya menghitung ukuran dan sudut yang tepat di mana kue perlu dipotong. Ukuran kue bisa disesuaikan dengan porsi yang dibutuhkan.

Slice of Sachertorte or Chocolate cake served with fresh cream and coffeeSepotong kue Foto: iStock

Sinar laser akan memandu pisau memotong bagian kue yang sudah diukur. Sinar laser hanya akan membantu membuat pola garis di atas kue sehingga makanan tetap bersih.

Alat potong kue ini bukan hanya berfungsi dengan baik tetapi juga berhasil memenangkan penghargaan dari Gubernur Oita pada Pameran Penemuan Kufu edisi ke-80. Acara tahunan ini memang digelar untuk menantang para siswa agar mampu membuat berbagai alat penemuan canggih.



Simak Video "Restoran Ini Hadirkan Ragam Cake Cita Rasa Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT