Bagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini Jawabannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Nov 2021 06:00 WIB
Bagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini Jawabannya Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007
Jakarta -

Rice cooker bisa memasak nasi hanya dengan sekali tekan tombol 'Cook'. Lalu sebenarnya bagaimana rice cooker bisa tahu kalau nasi sudah matang? Ini penjelasan ilmiahnya.

Kehadiran rice cooker benar-benar memudahkan orang Indonesia yang makanan pokoknya berupa nasi. Alat canggih ini seolah bisa 'menyulap' beras menjadi nasi hanya dalam hitungan menit.

Cara kerjanya juga gampang, tinggal menggeser atau menekan tombol 'Cook' yang ada di rice cooker. Alat canggih inipun akan memberi tahu saat nasi sudah matang dengan tanda tombol bergeser ke 'Warm'.

Banyak orang lantas penasaran tentang bagaimana cara kerja rice cooker? Kenapa rice cooker bisa tahu kalau nasi sudah matang? Pertanyaan ini salah satunya dilontarkan oleh netizen Twitter @buahhkhuldi.

Andy Fajar Handika, seorang food/tech enthusiast, menjawab pertanyaan ini dalam sebuah utas @TalkinAndy (3/11/21). detikfood mengutip informasi ini atas seizin Andy.

Ia menjelaskan, pada proses masak nasi, ketika air mendidih suhu tetap di 100 derajat Celcius karena kalor dipakai untuk mengubah bentuk cair ke uap. "Saat air sudah habis menguap, suhu otomatis naik melebihi 100 derajat Celcius, dan membuat plat logam thermostatnya melengkung lalu mendorong tuas dari 'cook' ke 'warm'" kata Andy.

Bagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini JawabannyaBagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini Jawabannya Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007

Kemudian ia meluruskan kalau saklar 'cook-warm' pada rice cooker memiliki magnetik dan ada per-nya. "Saat 100ºC sifat magnetnya itu hilang, jadi per ini yang mendorong tuas saklar dari cook ke warm," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Pada kondisi warm, ada lagi thermostat logam yang bakal melengkung di suhu di atas sekitar 75ºC. Saat udah >75ºC, maka aliran listrik terpotong. Itu kenapa suhu 'warm' di sebagian besar rice cooker ya segini."

Andy mengatakan suhu 75ºC sebenarnya terlalu panas sehingga tak heran kalau nasi bakal kering saat dibiarkan terlalu lama di rice cooker. "Nah, rice cooker yang mahal ngga pakai thermostat logam lengkung ini. Suhu "Warm" nya mungkin cuma di sekitaran 60ºC. Begitulah beda rice cooker 200rb vs 2jt. Sekian pemirsa." tambahnya lagi.

Bagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini JawabannyaBagaimana Rice Cooker Bisa Tahu Kalau Nasi Sudah Matang? Ini Jawabannya Foto: Getty Images/iStockphoto/Kameleon007

Mengetahui jawaban ini, banyak netizen merasa tercerahkan dan akhirnya pertanyaan mereka selama ini terjawab. "Baru kemarin kepikiran gara-gara meme "Kenapa mejikom bisa tahu nasinya matang" Sekarang udah ada jawabnya, secepat itu," kata seorang netizen.

"Jawaban ilmiah yang mudah dicerna otak saya, terima kasih Pak," sahut netizen lainnya. Tak sedikit yang malah mempertanyakan hal-hal aneh lain di benak mereka. Mulai dari bagaimana cara memilih rice cooker yang 'warm'-nya tidak bkin nasi kering hingga kenapa cicak bisa masuk rice cooker?



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Ungu Ayam Bakar di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com