Yummy! Ayam Panggang Ini Dibuat dengan Mesin Cetak 3D

Devi Setya - detikFood Senin, 04 Okt 2021 13:30 WIB
5 Tips Bikin Ayam Panggang Empuk Juicy, Gampang Dicontek! Foto: Getty Images/iStockphoto/PaulMaguire
Jakarta -

Teknologi makanan semakin hari semakin berkembang. Kini bahkan ada mesin cetak 3D yang mampu membuat ayam panggang dengan cara canggih. Hasilnya juga lezat!

Dilansir dari Wired (27/9) sebuah mesin cetak 3D untuk makanan berhasil dibuat oleh para ilmuwan. Dengan mesin ini, orang bisa dengan mudah membuat ayam panggang hanya dengan sekali tekan tombol.

Para insinyur di Universitas Columbia sedang mencoba menemukan cara untuk mencetak ayam panggang secara 3D dengan mengandalkan daging ayam yang sudah dicincang. Temuan canggih ini sudah ditulis dalam jurnal Science of Food dan diharapkan bisa menjadi mesin pengolahan makanan.

Traditional English Roast Chicken marinated with Herbs and Spices served with Roast Potatoes and Vegetables as a side dishYummy! Ayam Panggang Ini Dibuat dengan Mesin Cetak 3D Foto: Getty Images/iStockphoto/SGAFotoStudio

Hob Lipson salah satu peneliti menyebutkan mereka melakukan uji coba di Lab Mesin Kreatif di Universitas Columbia. Timnya pertama kali memperkenalkan mesin cetak 3D untuk bahan makanan pada tahun 2007. Mesin ini berhasil mencetak hiasan kue, cokelat, keju olahan hingga selai kacang.

Tim ini kemudian mencoba menemukan mesin cetak dengan teknologi lebih mutakhir yang bisa mencetak sekaligus memasak makanan. Beberapa penelitian yang membuat alat masak menggunakan laser menjadi inspirasi tim peneliti ini.

"Kami mencatat bahwa mesin cetak ini dapat menghasilkan bahan makanan dengan bentuk presisi," kata Jonathan Blutinger. "Memasak sangat penting untuk menjaga nutrisi, rasa, dan tekstur makanan, dan kami bertanya-tanya apakah kami dapat mengembangkan metode dengan laser untuk mengontrol hal ini secara tepat."

Untuk mematangkan ayam panggang, tim peneliti ini menggunakan laser biru sebagai sumber pemanas utama. Cara kerja alat ini terbilang unik karena bisa mengolah ayam yang sudah dicincang menjadi olahan ayam panggang utuh.

Para ilmuwan membeli dada ayam mentah dari toko swalayan kemudian menghaluskannya menggunakan food processor. Selanjutnya daging ayam ini dimasukkan ke dalam wadah, lalu mesin ini mulai bekerja mencetak ayam cincang menjadi bentuk ayam utuh sekaligus memasaknya hingga matang.

"Alat ini memungkinkan kami untuk mencetak dan memasak bahan-bahan di mesin yang sama," kata peneliti.

Hasilnya, ayam panggang yang dimasak dengan laser ternyata lebih juicy dua kali lipat dibandingkan ayam yang dipanggang dengan teknik biasa. Warna dan bentuk ayam panggang pun sangat mirip dengan ayam yang dimasak dengan teknik panggang konvensional.

Saat ini alat hanya terbatas untuk mengolah ayam panggang tapi kedepannya mereka akan mencoba mengembangkan lagi untuk bisa mengolah daging, biji-bijian dan aneka makanan lainnya.



Simak Video "Menikmati Lezatnya Ayam Panggang Kuliner Khas Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com