ADVERTISEMENT

Pakai Lem hingga Bedak, Ini 7 Trik Bikin Makanan di Iklan Menggiurkan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 02 Feb 2022 07:00 WIB
Pakai Lem hingga Bedak, Ini 7 Trik Bikin Makanan di Iklan Menggiurkan
Foto: Why These
Jakarta -

Kamu sering ngiler saat melihat iklan makanan di televisi (TV) atau majalah? Tampilan makanan ini memang dibuat semenarik mungkin dengan trik rahasia. Mulai pakai lem, kardus, hingga bedak talek. Begini rahasianya.

Food styling atau seni menghias makanan begitu dibutuhkan dalam proses pembuatan iklan, video, atau pemotretan makanan. Seseorang yang mahir dalam hal itu, food stylist, biasanya punya serangkaian trik rahasia yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

Mereka memanfaatkan beragam bahan demi membuat visual makanan menggugah selera dan tahan lama untuk kepentingan pengambilan garam. Tak jarang, bahan yang dipakai adalah nonmakanan sehingga makanan yang di iklan sebenarnya tak bisa dimakan.

Sebut saja lem untuk membuat semangkuk sereal dengan susu terlihat lebih menarik hingga bedak talek yang ditaburkan pada buah demi menunjukkan sensasi segar. Semuanya bakal bikin kamu tak percaya!

Mengutip Why These (15/8/2021), inilah 7 trik bikin makanan di iklan terlihat menarik:

1. Es krim diganti mashed potato

Pakai Lem hingga Bedak, Ini 7 Trik Bikin Makanan di Iklan MenggiurkanMashed potato bisa menggantikan es krim Foto: Why These

Mengiklankan es krim butuh trik agar es krim tidak mudah meleleh selama proses pengambilan gambar. Menggunakan es krim sungguhan bukanlah langkah tepat. Food stylist biasanya mengganti es krim dengan mashed potato.

Olahan kentang tumbuk ini terlihat padat, mirip es krim, namun tidak cepat meleleh. Mashed potato biasanya diberikan pewarna hingga hasil akhirnya menyerupai es krim.

2. Tusuk gigi untuk ganjal komponen burger

Pakai Lem hingga Bedak, Ini 7 Trik Bikin Makanan di Iklan MenggiurkanTusuk gigi bisa menyambungkan komponen burger Foto: Why These

Melihat burger yang terdiri dari susunan roti, sayuran, patty daging, hingga keju di iklan TV memang bikin ngiler. Tapi tahukah kamu burger ini disusun dengan trik?

Agar jarak antar komponen burger terlihat jelas lapis per lapisnya, food stylist biasanya mengakali dengan tusuk gigi. Fungsinya untuk mengganjal tiap bahan burger.

3. Lem pengganti susu

Pakai Lem hingga Bedak, Ini 7 Trik Bikin Makanan di Iklan MenggiurkanSusu pada iklan sereal sering kali digantikan dengan lem Foto: Why These

Trik bikin makanan di iklan lainnya adalah mengenai penggunaan susu untuk semangkuk sereal. Susu biasanya terlihat begitu kental. Sereal yang ada di dalamnya juga tidak tenggelam ataupun kempes.

Hal ini bisa terjadi lantaran susu diganti lem! Penggunaan lem memungkinkan gambar semangkuk sereal dengan susu jauh lebih menarik.

Lihat lagi trik untuk membuat makanan terlihat menggiurkan di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT