Sajian Lezat Imlek 2022

5 Minuman Khas Imlek yang Menyegarkan dan Menyehatkan

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 01 Feb 2022 10:30 WIB
Minuman khas Imlek
Foto: iStock
Jakarta -

Dalam perayaan Imlek tidak hanya makanan saja yang disajikan dan dijadikan simbol kebaikan. Ada juga beberapa minuman juga yang bahkan bermanfaat untuk kesehatan.

Perayaan Imlek 2022 ini masih terasa berbeda dari sebelum-sebelumnya karena berlangsung di tengah pandemi COVID-19. Namun, tradisi makan bersama keluarga di rumah tak pernah terlewatkan.

Dalam tradisi tersebut pastinya tuan rumah akan menyajikan berbagai hidangan mulai dari makanan dan minuman. Bukan hanya sekadar hidangan, makanan dan minuman itu juga memiliki filosofi.

Seperti beberapa minuman ini yang selalu disajikan dalam perayaan Imlek. Selain dijadikan simbol baik, beberapa minuman tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 minuman khas Imlek:

1. Jus Buah Plum

Buah plum merupakan salah satu buah khas Imlek. Umumnya buah ini digunakan sebagai persembahan. Penyajian buah plum dalam perayaan Imlek melambankan keberuntungan, kekayaan, nasib baik dan kesuburan.

Banyak juga yang menjadikan buah plum sebagai hadiah. Ada juga yang mengolah buah plum menjadi minuman yang menyegarkan. Jus buah plum memilik rasa manis dan asam.

Jus buah plum mengandung banyak antioksidan, salah satunya ada vitamin C dalam jumlah yang baik. Vitamin C ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Mengenal Poon Choi, Makanan Khas Imlek di Hong Kong

2. Teh Bunga Krisan

Minuman khas ImlekTeh bunga krisan merupakan minuman khas Imlek yang dapat mengobati gangguan saraf Foto: iStock

Sesuai dengan namanya, teh ini terbuat dari bunga krisan. Bunga krisan dikenal berwarna kuning dan memiliki aroma yang harum. Menghirup aroma itu bisa sebagai terapi untuk merasa rileks.

Teh bunga krisan dapat menyembuhkan flu dan mengobati gangguan saraf. Karenanya teh bunga ini dijadikan juga sebagai teknik pengobatan tradisional sejak dinasti Song.

Dalam perayaan Imlek, tuan rumah juga tak pernah lewat untuk menyajikan teh bungakrisan. Minum teh ini saat Imlek juga bisa menghangatkan tubuh.

Simak juga 'Erick Thohir di Imlek 2022: Ekonomi Terus Tumbuh':

[Gambas:Video 20detik]